Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Cara BNI Life Tingkatkan Literasi dan Inklusi Asuransi di Indonesia

Begini Cara BNI Life Tingkatkan Literasi dan Inklusi Asuransi di Indonesia Kredit Foto: BNI Life
WE Finance, Jakarta -

PT BNI Life terus menginisiasi berbagai pengembangan produk digital untuk dapat mendorong literasi dan inklusi asuransi Indonesia.

Seperti diketahui, literasi keuangan di bidang asuransi di Indonesia pada 2022 telah mencapai 30,46%, dengan tingkat inklusi keuangan mencapai 16,63%. 

Menurut Direktur Bisnis BNI Life, Neny Asriany, data tersebut menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat tentang pentingnya asuransi meningkat, dan potensi peningkatan pembelian produk asuransi masih sangat besar.

"Capaian inklusi asuransi Indonesia masih dapat terus ditingkatkan dan perlu diikuti dengan berbagai program peningkatan literasi. Terlebih, saat ini asuransi jiwa masih ditempatkan sebagai kebutuhan tersier," ujar Neny dalam keterangan tertulis, Senin (28/8).

Baca Juga: BSI Targetkan Pembiayaan Rumah Subsidi Capai Rp 7,7 Triliun di Kuartal III 2023

Pihaknya menyadari bahwa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang asuransi memerlukan pendekatan yang lebih dari sekadar promosi dan strategi pemasaran konvensional. Upaya sosialisasi pun membutuhkan solusi produk yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, termasuk manfaat, keterjangkauan, dan kualitas layanan pascapenjualan.

Oleh karena itu, perusahaan mengusulkan program literasi keuangan, termasuk pendidikan asuransi jiwa, dimulai sejak usia dini. 

Neny menilai pendidikan keuangan harusnya menjadi mata pelajaran wajib dalam kurikulum nasional, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga pendidikan tingkat lanjutan.

“Tentunya terobosan program-program inovatif sangat dibutuhkan bagi industri asuransi Indonesia. Kami akan terus membantu otoritas untuk dapat terus proaktif meningkatkan literasi dan inklusi asuransi Indonesia,” imbuhnya.

Selain itu, kata Neny, BNI Life juga telah mengadopsi digitalisasi dengan penjualan produk asuransi melalui platform digital seperti microsite PlanBLife dan BNI Mobile Banking. 

"Langkah ini bertujuan untuk mempermudah pemahaman dan pengalaman masyarakat terhadap manfaat produk asuransi serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas," pungkasnya.

Baca Juga: Perluas Cakupan Penyidikan Kasus Keuangan, OJK Terbitkan Peraturan Baru

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: