Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNI Transformasikan 210 Kantor Cabang Menjadi Lebih Digital Pada 2023

BNI Transformasikan 210 Kantor Cabang Menjadi Lebih Digital Pada 2023 Kredit Foto: Dok. BNI.
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) terus mendorong percepatan transformasi layanan perbankan dari kantor cabang konvensional ke digital. Setidaknya, ada 210 kantor cabang digital yang akan diimplementasikan secara bertahap pada tahun depan. 

Direktur Jaringan dan Layanan BNI Ronny Venir mengatakan, transformasi tersebut merupakan strategi yang paling tepat dalam menghadapi era digitalisasi. BNI pun telah menyiapkan strategi transformasi dengan sangat baik.

"Perbankan harus mampu menjawab semua kebutuhan nasabah dengan cepat, simpel, dan tentunya juga dengan pengalaman bertransaksi lebih baik," ujar Ronny kepada WE Finance, dikutip Rabu (28/12).

Menurutnya, interaksi tatap muka secara langsung masih diperlukan untuk menjalin dan membuka peluang kerja sama yang lebih luas serta memberikan pengalam bagi pelanggan. Kemudian untuk mendorong migrasi transaksi nasabah ke arah digital.

"Secara customized, pengalaman pelanggan ini dibangun melalui penyesuaian format Outlet BNI yang berbasis digital dengan menyesuaikan lokasi maupun karakteristik dari area outlet itu sendiri, kami menyebutnya BNI Digital Channel," terangnya.

Tahun 2022 ini, perusahaan telah menghadirkan BNI Digital Channel di Kantor Cabang Pembantu (KCP) Crea di Nusa Dua – Bali dan Kantor Cabang (KC) Bogor. KCP Crea di Nusa Dua – Bali merupakan digital channel BNI dengan format tematik yang terbagi atas Welcoming Zone, Discovery Zone, Waiting Hub dan Transaction Zone.

Baca Juga: 95 Kantor Cabang BRI Beralih ke Digital Branch

Melalui pengalaman zona tersebut, Ronny bilang, petugas BNI sekaligus ingin mengedukasi nasabah dalam menggunakan fasilitas digital BNI lainnya seperti BNI Mobile Banking yang kaya akan fitur untuk memberik kemudahan nasabah dalam bertransaksi, BNI Direct maupun saluran lainnya.

Berbagai mesin-mesin digital BNI juga dilengkapi pada outlet ini seperti SPRINT (Self Service Passbook Printer), CRM (Cash Recycle Machine), DigiCS dan tak ketinggalan layanan informasi program atau produk melalui media Virtual Reality (VR) juga tersedia di BNI KCP Crea.

BNI juga aktif mempromosikan memiliki program BNI Xpora yang bertujuan memberikan edukasi kepada UMKM sehingga mampu bersaing dan berkembang untuk go global. Terlebih, program ini kami lengkapi dengan skema business matching kepada pembeli di luar negeri yang difasilitasi 8 channel/outlet kantor BNI di luar negeri.

Menurutnya, nasabah tidak perlu khawatir dalam merasakan pengalaman yang berbeda karena BNI tetap menugaskan Branch Digital Assistance (BDA) untuk membantu mengarahkan nasabah dalam bertransaksi di outlet tersebut. Tak ketinggalan ada petugas teller dan customer service yang tetap dihadirkan untuk melayani kebutuhan transaksi Nasabah.

"Sehingga pengalaman yang diperoleh nasabah dari keberadaan BNI Digital Channel ini sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan digital di masyarakat," ungkapnya.

Dalam hal ini, target jangka menengah pun telah disiapkan. Skenario konservatif dan agresif juga dipertimbangkan. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan transaksi dari yang sebelumnya masih didominasi pendapatan transaksi di outlet menjadi berasal dari channel digital BNI.

"Kami memiliki BNI Mobile Banking yang kaya akan fitur untuk memudahkan transaksi Nasabah, BNI Direct serta Channel-Channel Digital lainnya termasuk Channel BNI Agen46. yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas dan berada di area tertinggal, terdepan, terluar," pungkasnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Transformasikan 241 Kantor Cabang Jadi Digital Branch

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: