Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

95 Kantor Cabang BRI Beralih ke Digital Branch

95 Kantor Cabang BRI Beralih ke Digital Branch Kredit Foto: BRI
WE Finance, Jakarta -

Transformasi perbankan digital mendorong PT Bank Rakyat Indonesia (Pesero) Tbk (BRI) untuk mengimplementasi digital branch atau kantor cabang digital. Kehadiran layanan ini bertujuan meningkatkan efisiensi operasional, serta kualitas pelayanan bank kepada nasabah.

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, untuk mengakomodir kebutuhan nasabah, perusahaan sudah mulai mendigitalkan kantor cabang konvensional sebanyak 95 cabang.

"Untuk melengkapi tipe ini, BRI juga meluncurkan BRI24 di tiga unit kerja yaitu Bintaro, BSD dan Bogor dan dalam waktu dekat akan diluncurkan tujuh lokasi baru di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Surabaya, Medan dan Makassar," kata Aestika kepada WE Finance, Senin (26/12).

Selain itu, perusahaan juga juga telah meluncurkan kantor cabang Flagship sebanyak dua unit di Jakarta yang menghadirkan end to end digital experience untuk nasabah dengan konsep kantor cabang yang lebih modern dan futuristik.

Baca Juga: Gandeng Sumitomo Mitsui, Bank BTPN Suntikan Dana Rp 1,46 Triliun ke PLN

Pada 2023, Aestika mengatakan, BRI akan mendigitalkan kantor cabang konvensional yang dilengkapi dengan mesin self service di lebih dari 400 kantor cabang. Selain itu, perseroan juga akan selektif melakukan optimalisasi kantor fisik unit kerja dengan lebih dari 300 unit kerja yang didominasi oleh optimalisasi teras kantor. 

"Sebagai gantinya akan hadir berbagai remote channel BRI, salah satunya adalah dengan penambahan 2000 CRM BRI, Agen BRIlink, serta penetrasi digital melalui BRIMO sebagai kekuatan jaringan BRI di masa depan," ujarnya.

Khusus untuk kantor smart branch, Aestika bilang, konsep smart branch ke depannya akan disempurnakan melalui digital sales and services dengan menyediakan remote RM untuk melayani kebutuhan perbankan nasabah.

"Diharapkan dengan adanya berbagai layanan tersebut, nasabah dapat mengakses perbankan selama 24 jam serta memberikan pengalam baru kepada nasabah terkait digitalisasi perbankan saat ini," ungkapnya.

Hingga kuartal III 2022, BRI memiliki 8.629 kantor outlet konvensional yang terdiri dari regional office, kantor cabang, kantor cabang pembantu, BRI Unit, kantor kas, Teras BRI, Teras Mobile dan Payment Point. Angka tersebut tercatat menurun sebesar 364 outlet dibandingkan dengan akhir 2021.

Kedepan, BRI akan mendorong lagi adanya migrasi transaksi dari saluran fisik ke elektronik seperti BRIMO, ATM, CRM, termasuk juga ke Agen BRILink. Aestika menegaskan, kantor Cabang BRI ke depan difokuskan pada layanan nasabah yang kompleks.

"BRI sangat serius dalam melakukan pengembangan smart branch sesuai dengan pengalam transformasi BRI dengan melakukan investasi yang layak dengan berbagai pertimbangan sesuai benefit dan biaya yang dikeluarkan," pungkasnya.

Baca Juga: Bank BJB dan BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Sinergi, Lindungi 14.880 Pekerja Rentan

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: