Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank DBS Indonesia Dorong Nasabah Menengah Kelola Keuangan dengan Optimal

Bank DBS Indonesia Dorong Nasabah Menengah Kelola Keuangan dengan Optimal Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

Bank DBS Indonesia melalui digibank by DBS memperkenalkan kampanye #JalaniCerdikmu. Kampanye ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat kelas menengah pada segmen emerging affluent dalam memaksimalkan kebahagiaan di tengah banyaknya prioritas hidup yakni kesenangan di hari ini dan perencanaan untuk masa depan.

Consumer Banking Director Bank DBS Indonesia, Rudy Tandjung mengatakan, digibank by DBS telah melakukan studi kepada hampir 7.500 responden dari segmen emerging affluent dengan pendapatan individu per bulan sebesar Rp 10 juta ke atas guna meneliti beragam aspek seperti nilai kehidupan, gaya hidup, aspirasi, tantangan hidup, serta perilaku keuangan.

"Studi ini menemukan termasuk adanya lima persona berdasarkan perilaku, yaitu 39% responden yang memprioritaskan kebutuhan rumah tangga seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari, 26% responden ingin mengoptimalkan pengalaman hidupnya seperti liburan dan membeli barang mewah," ujar Rudy dalam keterangan tertulis, Selasa (12/9).

Kemudian, 14% responden memiliki aspirasi untuk memenuhi kesenangan pribadi dan kebutuhan sosial seperti membeli kendaraan dan mengganti gadget, 12% responden secara konsisten membangun keuangan untuk kebebasan masa depan seperti mempersiapkan pendidikan anak dan dana pensiun, serta 9% responden aktif dan ambisius dalam membangun keuangan seperti renovasi dan mengembangkan properti.

"Dengan proporsi sebesar 26%, responden urbanites atau menengah yang ingin mengoptimalkan gaya hidupnya ini menjadi fokus digibank by DBS karena beragamnya aspirasi hidup yang mereka miliki namun diiringi rasa tanggung jawab tinggi untuk memastikan masa depan yang aman,” jelas Rudy.

Baca Juga: Jangan Sampai Rugi! Ini Tips Sebelum Membeli Produk Asuransi Unit Link

Dari hasil survei tersebut, kaum urbanites umumnya memiliki pengeluaran sebesar 70% dari pendapatan untuk kebutuhan primer dan sekunder. Sementara, 30% lainnya digunakan untuk rencana jangka pendek seperti liburan, hobi dan gaya hidup. 

Kendati telah memiliki alokasi dana dan perencanaan finansial, mereka masih memiliki beberapa kekhawatiran di antaranya kurangnya dana untuk menikmati hidup, banyaknya prioritas yang harus dijalani, hingga kejadian tak terduga pada anggota keluarga.

Serangkaian studi ini juga menemukan responden sering dihadapkan pada pilihan sulit antara menikmati hidup atau mempersiapkan masa depan. Hal ini disebabkan oleh adanya keterbatasan keuangan sehingga menimbulkan perasaan bersalah dalam mengambil keputusan.

Guna menyikapi tantangan tersebut, dibutuhkan trik-trik cerdik untuk memperkuat kondisi keuangan sehingga mereka dapat menemukan kebahagiaan saat ini tanpa melupakan kebutuhan masa depan.

“Melalui kampanye #JalaniCerdikmu kami berkomitmen untuk berperan sebagai sahabat yang memberikan banyak tips dan trik cerdik (resourceful friend) melalui beragam solusi perbankan yang dibutuhkan nasabah dalam satu aplikasi," imbuh Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia, Erline Diani.

Baca Juga: BSI Targetkan Jumlah Nasabah Capai 20 Juta pada 2023, Ini Strateginya

Kini nasabah digibank by DBS dapat memanfaatkan beragam cara cerdik pada aplikasi digibank by DBS. Di antaranya dengan menjaga cashflow agar dana tumbuh maksimal. Digibank by DBS memungkinkan nasabah untuk mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan hingga 60 bulan agar aliran dana tetap terjaga.

Dengan demikian, uang yang belum terpakai dapat ditabung dengan bunga hingga 7% per tahun atau diinvestasikan mulai Rp 100 ribu di 120 lebih produk investasi dengan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Selain itu, nasabah juga dapat menikmati fitur gratis transfer tanpa kuota serta beragam promo cashback atau diskon baik dengan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) maupun kartu kredit. Nasabah juga dapat melakukan pembayaran dengan poin rewards.

Tak hanya itu, dengan kapabilitas digital yang mumpuni, nasabah dapat membuka rekening digibank by DBS tanpa perlu ke cabang serta mengajukan aplikasi kartu kredit dan pinjaman dengan persetujuan hanya 60 detik.

Selama 24/7, nasabah juga dapat mengelola, memonitor keuangan, memblokir atau mengaktivasi kartu kredit dan debit, transfer gratis, bertransaksi secara praktis dengan QRIS, top up e-wallet, hingga bayar tagihan dengan satu kali klik tanpa berpindah aplikasi.

Baca Juga: Bank Mandiri dan DBS Indonesia Salurkan Kredit Rp 506,46 Miliar ke TBS Energi Utama

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: