Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng Kominfo, Amartha Tingkatkan Digitalisasi UMKM di Desa

Gandeng Kominfo, Amartha Tingkatkan Digitalisasi UMKM di Desa Kredit Foto: Amartha
WE Finance, Jakarta -

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM 'UMKM Level Up'.

Chief Operating Officer Amartha, Budhi Siswoadji menjelaskan, dalam program ini, Amartha memberikan fasilitas pelatihan, penyusunan materi, hingga pendampingan, yang bertujuan untuk memfasilitasi adopsi teknologi digital 4.0 bagi para pelaku UMKM.

Dia melihat terdapat potensi yang sangat besar bagi UMKM untuk bersaing. Namun dibutuhkan intervensi yang lebih jauh, misalnya dengan memberikan literasi keuangan dan digital.

"Dengan mengadopsi digitalisasi, UMKM berpotensi untuk memperluas jangkauan pasarnya, mengembangkan kapabilitas usahanya, agar UMKM dapat lebih sejahtera," ujar Budhi dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (10/7).

Program pelatihan dan pendampingan ini merupakan inisiatif Kementerian Kominfo guna mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian pelaku usaha UMKM melalui ekosistem digital.

Harapannya, pelaku UMKM dapat meningkatkan akses pemasaran, efisiensi dan efektivitas operasional, sekaligus berdampak pada transaksi penjualan serta daya saing UMKM di Indonesia.

Baca Juga: OJK Segera Rilis Aturan KUB Terintegrasi untuk Perkuat Modal Inti BPD

"Selama 13 tahun Amartha hadir secara konsisten untuk memajukan ekonomi akar rumput melalui teknologi yang inklusif, jaringan kemitraan yang kuat, serta pendekatan yang humanis dan berkelanjutan merupakan wujud dari kesiapan kami sebagai salah satu fasilitator," tutur Budhi.

Penandatangan kerja sama peluncuran program ini telah dilakukan pada bulan Mei lalu di Jakarta, dan dihadiri oleh Kementerian Kominfo, Amartha, beserta 110 fasilitator lainnya yang akan terlibat dalam pelaksanaan program tersebut.

Secara nasional, pemerintah berupaya mengoptimalkan potensi dan produktivitas UMKM dengan meningkatkan produksi dalam negeri, meningkatkan nilai substitusi ekspor dan melakukan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Samuel A. Pangerapan mengatakan, program ini juga akan meningkatkan adopsi digital bagi pelaku UMKM agar produktivitasnya meningkat.

Tak hanya itu, program ini juga memfasilitasi inkubasi bisnis 100 pelaku UMKM binaan Kementerian Kominfo yang sudah memiliki kemampuan digital dalam memasarkan produknya.

"Dengan melibatkan para fasilitator, harapannya peningkatan level adopsi teknologi digital dan peningkatan kemampuan bisnis dapat memberi nilai lebih, serta mendorong produksi dalam negeri yang berdampak pada peningkatan nilai ekspor dan pertumbuhan ekonomi nasional," ucapnya.

Program kelas ini diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo di berbagai wilayah meliputi Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatra Utara, Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat & Timur, Papua dan Papua Barat dengan tema seputar inklusi keuangan dan digital.

Selama enam bulan ke depan, Amartha akan menyampaikan materi yang relevan dan mendampingi UMKM dalam mendigitalisasi perekonomian.

Baca Juga: Beri Layanan Terbaik ke Nasabah, IFG Life Perkuat Transformasi dan Inovasi Bisnis

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: