Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Cara Tingkatkan Pengalaman Digital bagi Nasabah Perbankan

Begini Cara Tingkatkan Pengalaman Digital bagi Nasabah Perbankan Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

Transformasi digital di industri perbankan masih memiliki ruang lingkup yang terbatas. Sebuah studi tahun 2020 oleh lembaga pemeringkat kinerja digital Eropa, D-Rating menemukan bahwa 48% bank terkemuka Eropa menawarkan chat messenger app kepada pelanggan, tetapi efektivitasnya masih rendah dalam menyelesaikan masalah pelanggan.

Oleh karena itu, untuk memperlancar proses pengembangan layanan digitalisasi yang masih terus dilakukan, bank diminta untuk menghadirkan pengalaman perbankan digital yang aman, mudah, dan cepat sebagai keunggulan yang ditawarkan kepada pelanggan.

Baca Juga: Semua Bakal Digital, Begini Masa Depan Perbankan Global

Melansir laman The Financial Brand, berikut tips untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang aman dan nyaman bagi nasabah: 

1. Tingkatkan pengalaman pelanggan

Berikan nasabah pengalaman digital tanpa hambatan yang mereka sukai dan benar-benar bermanfaat. Hal ini menunjukkan bahwa perbankan mengetahui kebutuhan dan pengalaman nasabah secara mendalam.

Untuk meningkatkan pengalaman nasabah, bisa dimulai dari cara berinteraksi secara digital hingga titik di mana perbankan dapat memberikan dampak besar bagi nasabah.

2. Memperkaya koneksi pelanggan

Dengarkan feedback atau tanggapan untuk meningkatkan pengalaman digital perbankan bagi nasabah. Feedback  bisa didapatkan dengan cara seperti mengisi formulir, daftar kesalahan, maupun melakukan panggilan langsung kepada nasabah.

Pertanyaan yang diajukan bisa berupa berapa lama mereka menghabiskan waktu di situs bank yang bersangkutan, atau hal apa yang biasanya mereka pilih untuk dilakukan di aplikasi. Setiap jawaban dari nasabah adalah data yang dapat membantu bank merencanakan, merancang, hingga menarik pelanggan dengan lebih baik lagi.

3. Memberikan pengalaman omnichannel

Agar lebih kompetitif, perusahan juga harus mencari cara untuk memberikan pengalaman pelanggan yang sama baiknya di seluruh kanal (channel). Tantangan bagi nasabah saat ini dalam mengakses layanan digital adalah setiap channel membutuhkan cara proses autentikasi yang berbeda, sehingga pengalaman yang lebih praktis dan mudah tidak mereka rasakan.

Oleh karena itu, bank harus menggunakan pendekatan omnichannel dalam layanan digitalnya. Untuk itu, gunakan teknologi yang dapat membantu nasabah terhindar dari proses autentikasi yang berulang saat berpindah dari satu interaksi ke interaksi lainnya.

Dengan menggunakan cara-cara tersebut, diharapkan perbankan dapat menciptakan pengalaman  yang membuat konsumen betah berlama - lama pada layanan digital perbankan.

Baca Juga: OJK Targetkan 34 Aturan Turunan UU P2SK Rampung pada 2023

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: