Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank BTN Siap Transformasi Kantor Cabang Menjadi Smart Branch

Bank BTN Siap Transformasi Kantor Cabang Menjadi Smart Branch Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mengyatakan bahwa saat ini tengah menyiapkan konsep smart branch pada jaringan kantor cabang konvensional. Namun hal tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis perseroan.

"Kami masih dalam proses menyiapkan smarth branch, disesuaikan dengan kebutuhan bisnis BTN," kata Direktur Distribusi dan Pendanaan Ritel Bank BTN Jasmin kepada WE Finance, Selasa (27/12).

Menurutnya, kehadiran smart branch atau kantor cabang digital dapat meningkatkan efisiensi kegiatan operasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan bank pada nasabah. Di sisi lain, Jasmin mengatakan ada risiko dalam implementasikan smart branch.

"Semakin digital semakin banyak risikonya sehingga keamananya juga harus dipersiapkan dengan baik supaya nasabah dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman," terangnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Optimistis Minat Investasi Masyarakat ke SBN Meningkat

Saat ini, transaksi nasabah lewat jaringan kantor di BTN tinggal 15%. Sementara sebagian besar atau 85% sudah dilakukan secara digital.

Pada tahun ini, bank spesialis Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ini sudah menutup 26 Kantor Cabang Pembantu (KCP). Adapun total jumlah kantor BTN saat ini ada 630 unit, di mana terdapat 80 kantor cabang dan sekitar 550 KCP. 

Meski demikian, Jasmin menegaskan bahwa perseroan masih membutuhkan cabang konvensional untuk transaksi tertentu yang tidak bisa dilayani oleh digital. Untuk itu, BTN berencana untuk membuka 10 KCP baru pada tahun depan di daerah yang memiliki potensi bisnis besar seperti kawasan industri dan perkantoran.

Seperti diketahui, transformasi perbankan digital membuat sejumlah bank mendorong implementasi digital branch untuk menjalankan bisnisnya. Layanan ini bertujuan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional, serta meningkatkan kualitas pelayanan bank pada nasabah.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), total jumlah bank umum mencapai 107 bank dengan total jaringan kantor 25.482 unit hingga Agustus 2022. Jumlah tersebut turun 4.201 unit jika dibandingkan pada Agustus 2021 sebanyak 29.683 unit. Sejak 2019, jumlahnya sudah berkurang sebanyak 5.645 unit.

Baca Juga: 95 Kantor Cabang BRI Beralih ke Digital Branch

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: