Menu
Perbankan
    Finansial
      Asuransi
        Multifinance
          Fintech
            Video
              Indeks
                About Us
                  Social Media

                  Di Tangan Jerry Ng, BFI Finance Harap Pengembangan Digital Kian Masif

                  Di Tangan Jerry Ng, BFI Finance Harap Pengembangan Digital Kian Masif Kredit Foto: Fajar Sulaiman
                  WE Finance, Jakarta -

                  PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) masuknya pentolan Bank Jago, Jerry Ng sebagai pengendali saham diharapkan dapat memperkuat transformasi digital dan pengembangan ekosistem perseroan.

                  "Dari sisi digitalisasi dan sisi pengembangan ekosistem barunya. Itu yang diharapkan bisa disumbangkan oleh beliau," ujar Finance Director BFI Finance Sudjono dalam Media Luncheon di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

                  Dia bilang, di era digitalisasi seperti saat ini, kolaborasi dengan berbagai pihak dapat dilakukan asalkan saling menguntungkan. Menurutnya, dengan masuknya Jerry Ng, pihaknya akan mengembangkan dan mempertahankan segmen pembiayaan otomotif dengan memaksimalkan teknologi digital. Baca Juga: Kontras, Indeks Literasi Keuangan Masyarakat Indonesia Jauh Lebih Rendah dari Indeks Inklusi

                  Hal ini lantaran pembiayaan sektor otomotif masih menjadi ruh pembiayaan BFI Finance. Tercatat, total piutang yang dikelola (managed receivables) BFI Finance senilai Rp16,8 triliun atau naik sebesar 23,3% yoy di Semester I 2022.

                  "Portofolio pembiayaan dari managed receivables berdasarkan jenis aset konsumen didominasi oleh pembiayaan mobil bekas dan baru sebesar 69,97% atau senilai Rp11,75 triliun. Selanjutnya disusul oleh pembiayaan alat berat dan mesin sebesar 11,97%, motor bekas 10,76%, property-backed financing 2,67%, dan sisanya berasal dari pembiayaan syariah dan chanelling dengan anak usaha, yakni Pinjam Modal," jelasnya.

                  Adapun inovasi digital BFI Finance terbilang lihai. Pasalnya perseroan melihat peluang pesatnya digitalisasi di Indonesia dengan mendirikan anak usaha di bidang Fintech yakni PT PT Finansial Integrasi Teknologi (Pinjam Modal).

                  Peran Pinjam Modal adalah menjembatani penyaluran pinjaman kepada segmen-segmen debitur UMKM yang belum mampu mendapatkan akses pembiayaan secara konvensional. Penyaluran pinjaman Pinjam Modal sepanjang semester pertama tahun 2022 meningkat sekitar 32 kali dibandingkan periode yang sama di tahun 2021.

                  Sebagaimana diketahui, Jerry Ng telah mendapat restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi pengendali BFI Finance pada Juli 2022. Hal itu didapatkan setelah melalui penilaian kemampuan dan kepatutan.

                  Jerry Ng masuk menjadi pengendali saham BFI Finance melalui aksi tender sukarela melalui Trinugraha Capital & Co SCA. Saat ini, Trinugraha Capital & Co SCA memiliki 48,15 persen saham dari BFI Finance, dari yang sebelumnya sekitar 42,81 persen.

                  Penulis: Fajar Sulaiman
                  Editor: Fajar Sulaiman

                  Bagikan Artikel: