Menu
Perbankan
    Finansial
      Asuransi
        Multifinance
          Fintech
            Video
              Indeks
                About Us
                  Social Media

                  Permudah Transaksi, OVO Hadirkan Pembayaran QRIS CPM di Seluruh Gerai Alfamart

                  Permudah Transaksi, OVO Hadirkan Pembayaran QRIS CPM di Seluruh Gerai Alfamart Kredit Foto: Adira Finance
                  WE Finance, Jakarta -

                  Perusahaan finacial technology, OVO meluncurkan fitur baru di aplikasi OVO dengan menghadirkan metode pembayaran QRIS CPM (Customer Presented Mode). Hadirnya fitur baru ini ditandai dengan kolaborasi bersama Alfamart.

                  Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra menjelaskan, QRIS CPM merupakan sistem pembayaran berbasis teknologi QR yang diyakini mampu memudahkan dan mempercepat pengguna dalam melakukan transaksi nontunai.

                  "Saat melakukan transaksi, pengguna hanya perlu semudah menunjukkan kode QR yang ada pada aplikasi OVO, untuk dibaca dan dipindai oleh mitra merchant," ujar Karaniya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3).

                  Menurutnya, inovasi QRIS CPM di aplikasi OVO ini adalah bentuk nyata dukungan terhadap inisiatif pemerintah dan Bank Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

                  "Kolaborasi ini diharapkan akan semakin memungkinkan masyarakat di ratusan kota, kabupaten yang jauh dari kota besar, untuk bertransaksi digital secara mudah dan aman tanpa perlu membawa uang tunai," tutur Karaniya.

                  Marketing Director Alfamart, Ryan Alfons Kaloh menambahkan, QRIS CPM OVO di Alfamart makin melengkapi opsi pembayaran nontunai bagi konsumen.

                  Baca Juga: Insurtech Fuse Bukukan Premi Lebih dari Rp 3 Triliun pada 2022

                  "Dengan begitu dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi konsumen, sekaligus meningkatkan efisiensi transaksi pembayaran di toko-toko Alfamart di seluruh Indonesia, yang bahkan menjangkau hingga ke pelosok tanah air akan merasakan manfaat ini," kata Ryan.

                  Hadirnya QRIS CPM di platform dompet digital OVO juga sejalan dengan misi Bank Indonesia (BI) dalam mendorong digitalisasi industri sistem pembayaran di tanah air. Menurut data Bank Indonesia, sepanjang tahun 2022 tercatat transaksi uang elektronik melonjak sebesar 30%, mencapai Rp 399,6 triliun.

                  Ini dikarenakan beberapa faktor, di antaranya meningkatnya jumlah penerimaan dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, luas dan mudahnya sistem pembayaran digital, serta cepatnya perbankan digital.

                  Baca Juga: Perkuat Pengawasan Sektor Non Bank, OJK Luncurkan Aplikasi PRIME

                  Selain Alfamart, OVO juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran di merchant lainnya, seperti Alfamidi, Dan+Dan, Lawson, dan Alfagift. Di Alfamart, tidak hanya sekedar melakukan pembayaran tetapi para pengguna juga sudah dapat melakukan pengisian saldo OVO (Top-up).

                  Lebih lanjut, saat ini Alfamart juga telah hadir di Grabmart sehingga pelanggan dapat membeli kebutuhannya dengan lebih mudah, cepat, dan gampang.

                  Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, Jerry Sambuaga turut mengapresiasi upaya para pelaku industri termasuk OVO, yang konsisten dalam menyediakan kemudahan transaksi uang elektronik guna mendukung upaya pemerintah menggiatkan transaksi nontunai.

                  "Pembaruan proses transaksi elektronik tentunya dapat mempercepat dan mempermudah pengguna saat bertransaksi sehingga volume transaksi pun dapat mengalami peningkatan," ucapnya.

                  Baca Juga: Gandeng IDEAL, Hijra Bank Fasilitasi Jutaan Keluarga Miliki Rumah Lewat HijraHome

                  Penulis: Alfi Salima Puteri
                  Editor: Ferrika Lukmana Sari

                  Bagikan Artikel: