Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadirkan Lebih dari 100 Fitur, Superapp BRImo Sukses Catatkan Transaksi Rp 1.896 Triliun

Hadirkan Lebih dari 100 Fitur, Superapp BRImo Sukses Catatkan Transaksi Rp 1.896 Triliun Kredit Foto: BRI
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI senantiasa menyediakan cara agar seluruh segmen nasabah bisa mendapatkan akses layanan perbankan.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, BRI saat ini menerapkan konsep hybrid bank, guna memastikan masyarakat yang belum terlalu familiar terhadap digitalisasi bisa tetap terlayani.

"Dan ternyata kita punya riset, kita punya survei, bahwa masyarakat micro finance di Indonesia itu, pertama mereka sudah paham dengan alat-alat digital, dengan gadget nya, tapi mereka kurang paham dengan produk keuangan digital," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (18/9).

Oleh karena itu, kemampuan BRI untuk menyediakan layanan yang dikombinasikan dari digital dan manual atau disebut hybrid. Adapun contoh hybrid bank strategy yang paling sederhana adalah AgenBRILink. 

"Agen ini mampu menjawab karakteristik nasabah mikro. Dalam pelaksanaannya, AgenBRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur," jelas Sunarso.

Hadirnya AgenBRILink ini, juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan. Fitur-fitur yang dapat dinikmati seperti, pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, dan setoran pinjaman.

Baca Juga: Marak Kejahatan Keuangan Digital, OJK Minta Masyarakat Waspadai Modus Skimming hingga Social Engineering

"Selain itu, juga memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya," kata Sunarso.

Saat ini, BRI telah memiliki 666 ribu AgenBRILink yang tersebar di lebih dari 59 ribu desa. Jumlah tersebut tercatat telah mengcover 80% dari total desa di Indonesia. Adapun volume transaksi AgenBRILink selama Januari hingga Juni 2023 telah mencapai sebesar Rp675,8 triliun. 

Apabila dihitung setiap tahun, AgenBRILink telah menghasilkan nilai transaksi kurang lebih Rp1.300 triliun. Dari transaksi tersebut dihasilkan fee based income sebesar Rp 1,4 triliun setiap tahunnya, dan agen sendiri dapat menerima 2 hingga 3 kali lipat fee based income sebagai sharing fee.

Tak hanya itu, lanjut Sunarso, salah satu implementasi layanan digital juga dibuktikan melalui super apps BRImo. Tercatat, pengguna BRImo saat ini mencapai 27,8 juta dengan nilai transaksi tumbuh 76,3%. 

"Artinya transaksi lewat BRImo sudah mencapai nominal Rp 1.896 triliun. Dengan lebih dari 100 fitur di dalamnya, super apps ini diharapkan dapat semakin memudahkan masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: BRI Mudahkan Pendaftaran Jadi Merchant Lewat Aplikasi BRImo, Begini Caranya

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: