Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Muamalat Raih Penghargaan Terbaik untuk Tingkat Kepuasan Pelanggan

Bank Muamalat Raih Penghargaan Terbaik untuk Tingkat Kepuasan Pelanggan Kredit Foto: Bank Muamalat
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk terpilih sebagai Bank Umum Syariah (BUS) terbaik dalam survei Satisfaction, Loyalty, and Engagement (SLE) 2023. Hasil survei tersebut menyatakan bahwa Bank Muamalat meraih nilai tertinggi dalam hal kepuasan dan loyalitas nasabah. 

Direktur Operasi Bank Muamalat Wahyu Avianto mengatakan, sepanjang tahun 2022 pihaknya telah melakukan banyak peningkatan dalam hal kualitas pelayanan. Tak hanya pelayanan di kantor cabang, juga dalam aspek inovasi digital. 

"Inovasi terbaru yang dilakukan Bank Muamalat adalah Digital Customer On Board yang memungkinkan calon nasabah membuka rekening baru cukup melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN," kata Wahyu dalam keterangan resmi, Kamis (5/1).

Menurutnya, langkah ini sejalan dengan tren nasabah yang sebagian besar telah beralih ke kanal digital. Adapun saat ini, 90% transaksi yang dilakukan oleh nasabah perseroan sudah melalui kanal digital, di mana mayoritas dilakukan menggunakan aplikasi Muamalat DIN.

Baca Juga: OJK Terima 14.764 Pengaduan Konsumen Sepanjang 2022, Terbanyak dari Sektor Perbankan

"Kami terus memberikan layanan terbaik kepada nasabah, baik di kantor cabang, call center SalaMuamalat, dan platform. Kami jadikan capaian positif ini sebagai pemacu semangat untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah Bank Muamalat,” ujarnya.

Survei yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) bersama Majalah Infobank ini mengukur empat indeks yaitu loyalty, engagement, marketing engagement dan satisfaction.

Survei ini dilakukan terhadap 1.437 responden di delapan kota besar di Indonesia. Adapun total skor indeks SLE Bank Muamalat tercatat sebesar 65,34%. Angka ini di atas skor rata-rata indeks SLE industri perbankan secara umum yang sebesar 61,18 skor rata-rata industri bank syariah yang tercatat sebesar 60,97%.

Menurut Wahyu, untuk meningkatkan kualitas layanan, Bank Muamalat terus melakukan pembaharuan sejalan dengan implementasi service soul. Dengan implementasi service soul ini diharapkan karyawan semakin antusias dan bersemangat dalam melayani sehingga keterikatan dan pengalaman nasabah yang positif dapat dicapai.

Pihaknya juga menyusun standar pelayanan yang diberi nama Service Ritual. Standar ini merupakan upaya peningkatan kualitas layanan yang dilakukan oleh frontliner Bank Muamalat untuk memastikan kesiapan sebelum melayani nasabah yang meliputi kesiapan fisik, mental, peralatan kerja serta lingkungan kerja.

Selain itu, ritual pelayanan ini bertujuan untuk membangun budaya melayani sekaligus memitigasi potensi tindakan fraud dan kesalahan data.

Sebagai informasi, Bank Muamalat mencatatkan Profit Before Tax (PBT) sebesar Rp 40 miliar, tumbuh 332% yoy pada kuartal III 2022. Adapun total aset juga tumbuh sebesar 15% yoy dari Rp 52,1 triliun menjadi Rp 59,7 triliun. 

Baca Juga: Permintaan Investor Tinggi, Rights Issue BTN Oversubscribed hingga 1,6 Kali

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: