Menu
Perbankan
    Finansial
      Asuransi
        Multifinance
          Fintech
            Video
              Indeks
                About Us
                  Social Media

                  Raup Cuan Rp 37,59 Miliar, Marein Bagikan Dividen Rp 7,77 Miliar ke Pemegang Saham

                  Raup Cuan Rp 37,59 Miliar, Marein Bagikan Dividen Rp 7,77 Miliar ke Pemegang Saham Kredit Foto: Wenti Ayu Apsari
                  WE Finance, Jakarta -

                  PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk (Marein) mengumumkan kinerja positif sepanjang 2022 dengan mencatatkan laba tahun berjalan sebesar Rp 37,59 miliar atau meningkat 112,9% secara yoy. 

                  Selain itu, rasio Solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) perseroan pun turut meningkat pada 2022 menjadi 279,3% dari tahun sebelumnya 239,0% sehingga tercatat rasio tersebut jauh melampaui rasio minimum sebesar 120% yang disyaratkan regulator.

                  Direktur Perseroan, Yanto Jayadi Wibisono mengatakan meningkatnya kinerja perseroan sepanjang 2022, mendapatkan afirmasi peringkat yang tetap, yaitu AA-(idn) dan BB+(int) dan membuat outlook peringkat perseroan dari negatif menjadi stabil oleh Fitch Ratings per April 2023.

                  "Kinerja perseroan diharapkan tetap meningkat ke depannya, didorong faktor berkurangnya klaim terkait Covid- 19 dan manajemen risiko yang terjaga dengan baik," ujar Yanto pada public expose di Jakarta, Kamis (25/5).

                  Pada kesempatan tersebut, perseroan secara resmi mengumumkam telah menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di MLC Lounge Plaza Marein, Jakarta. 

                  Baca Juga: MNC Life Beri Perlindungan Asuransi Kredit untuk Nasabah KPR J Trust Bank

                  Hadir dalam RUPST jajaran Dewan Komisaris dan Direksi, anggota Dewan Pengawas Syariah, bersama dengan pihak Notaris, Biro Administrasi Efek, Auditor Eksternal dan perwakilan Pemegang Saham.

                  Selain menyetujui dan mengesahkan laporan keuangan tahun buku 2022, RUPST memutuskan pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar Rp 7,77 miliar atau sebesar 20,7% dari laba bersih tahun buku 2022. Kemudian adanya perubahan dewan pengawas syariah, perubahan anggaran dasar, dan pemaparan 4 agenda lainnya.

                  Yanto mengungkapkan, pada kinerja kuartal I 2023 terdapat kenaikan premi bruto sebesar 11,1% yoy menjadi sebesar Rp 651,72 miliar yang disebabkan kenaikan premi pada lini usaha umum dan jiwa, bahkan laba tahun berjalan tercatat sebesar Rp 28,45 miliar.

                  Baca Juga: BNI Tawarkan Sukuk Tabungan Seri ST010, Bisa Dipesan Lewat BNI Mobile Banking

                  "Manajemen telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk melanjutkan perbaikan kinerja di antaranya melalui penyeimbangan portofolio perusahaan, peningkatan kualitas SDM dengan program internalisasi budaya perusahaan, serta penyempurnaan sistem teknologi informasi dalam rangka customer satisfaction," ungkapnya.

                  Sebagai informasi, Marein dan merupakan perusahaan reasuransi pertama di Indonesia dan terdaftar sebagai satu-satunya perusahaan reasuransi terbuka yang mencatatkan sahamnya di Pasar Bursa Efek Indonesia (IDX) pada 1989.

                  Marein sendiri menjalankan bisnis di segmen reasuransi jiwa dan umum. Selain itu, perusahaan juga memiliki unit usaha syariah untuk memberikan pelayanan segmen reasuransi syariah.

                  Baca Juga: Perluas Jangkauan Pasar, MNC Life Gencar Pasarkan Produk Asuransi Jiwa Tradisional

                  Penulis: Wenti Ayu Apsari
                  Editor: Ferrika Lukmana Sari

                  Tag Terkait:

                  Bagikan Artikel: