Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

CIMB Niaga Alokasi Dana Rp 1 Triliun untuk Perkuat Layanan Digital

CIMB Niaga Alokasi Dana Rp 1 Triliun untuk Perkuat Layanan Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar
Rp 1 triliun pada tahun 2023. Dana tersebut digunakan untuk memperkuat teknologi informasi (TI), keamanan, dan pengembangan digitalisasi.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, nilai tersebut setara dengan dana yang dialokasikan pada tahun sebelumnya. Di mana 97% total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (ATM), dan rekening ponsel.

"Pengelolaan untuk digital ini, tidak murah maka kita harus update terus. Itu yang saat ini CIMB Niaga lakukan. Kami juga melalukan strest test secara berkala, untuk melihat seberapa kuat sistem pertahanan kita untuk menghadapi berbagai serangan baik itu serangan siber dan sebagainya," ujarnya dalam acara Opening Ceremony XTRA XPO 2023 di Jakarta, Jumat (19/5).

Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah tantangan perbankan saat ini. Ke depannya, perbakan dengan asosiasi dan pemerintah bekerja sama mempersiapkan perlindungan dari sisi hukum

"Kami juga bisa menghadapi situasi tersebut, lalu bisa kejadian dengan siapa saja. Tetapi yang paling pasti harus siap dan termutakhir. Data proteksi, dan IT system protection harus termutakhir. Saya rasa, untuk perbankan yang mengelola dana nasabah ini merupakan hal yang penting," terangnya.

Baca Juga: Bantu Persiapan Ibadah di Tanah Suci, Sun Life Rilis Asuransi untuk Nasabah CIMB Niaga

CIMB Niaga juga akan terus mengembangkan berbagai produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. OCTO Mobile misalnya, dipersiapkan untuk memberikan layanan perbankan seperti penyediaan transaksi, investasi dan pinjaman hingga kemudahan gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat.

Sementara OCTO Clicks difokuskan untuk melayani nasabah bernilai besar dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan Top-Up. Sedangkan fitur seperti financial check-up dan lifestyle, termasuk pemesanan pesawat, hotel serta voucher melengkapi rangkaian solusi yang tersedia.

"Hal yang paling penting adalah, kami up to date terus dan investasi akan selalu ada di security system dan IT security. Kami juga disiplin melakukan stess test dan selalu meng-update data security," pungkasnya.

Baca Juga: Belum Penuhi Ketentuan Modal Minimum, 26 Fintech Terancam Kena Sanksi OJK

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: