Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kinerja Cemerlang, Pembiayaan WOM Finance Naik 9,6% Jadi Rp 5,02 Triliun

Kinerja Cemerlang, Pembiayaan WOM Finance Naik 9,6% Jadi Rp 5,02 Triliun Kredit Foto: WOM Finance
WE Finance, Jakarta -

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) menorehkan kinerja yang cemerlang. Perusahaan pembiayaan ini berhasil mencatatkan pertumbuhan laba sebelum pajak (PBT) secara signifikan sebesar 82,3% menjadi Rp 280 miliar sepanjang 2022.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria mengatakan laba tersebut meningkat dari realisasi tahun 2021 yakni sebesar Rp 154 miliar. Ia mengatakan peningkatan laba tersebut ditopang bisnis pembiayaan WOM Finance. 

"Hal ini seiring dengan membaiknya daya beli konsumen yang mendorong peningkatan pembiayaan, khususnya kendaraan roda dua dan pembiayaan multiguna," ujar Taswin dalam keterangan resmi dikutip Selasa (21/2).

Taswin mengungkapkan, nilai pembiayaan WOM Finance mencapai Rp 5,02 triliun, atau naik 9,6% yoy pada 2022. Selain peningkatan pembiayaan, perusahaan juga berhasil menjaga kualitas pembiayaan dengan penurunan rasio pembiayaan bermasalah (NPL).  

"Pembiayaan WOM Finance tumbuh 9,6% menjadi Rp 5,02 triliun dari Rp 4,58 triliun pada tahun sebelumnya, dengan rasio NPL sebesar 1,6% (gross) dan 0,7% (net) pada Desember 2022 dari 1,4% (gross) dan 0,6% (net) pada Desember 2021," terang Taswin. 

Baca Juga: Satu Dekade, Pembiayaan Home Credit Tembus Rp 51 Triliun

Peningkatan tersebut turut menopang kinerja Group Maybank pada 2022. Presiden Komisaris Maybank Indonesia, Dato’ Khairussaleh Ramli mengatakan Maybank  Indonesia akan terus menunjukkan ketangguhan dan kemampuan dalam memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan di tengah situasi makro yang penuh tantangan.

"Kami tetap optimistis terhadap peluang pertumbuhan di Indonesia dan akan terus berupaya untuk meraih peluang tersebut, serta di saat yang bersamaan, menyediakan layanan perbankan yang lebih baik bagi nasabah kami," ungkapnya.

Selain itu, perusahaan juga akan terus berkomitmen memberikan dukungan penuh kepada Maybank Indonesia untuk merealisasikan tujuan, khususnya dalam memperkuat posisi bank di tahun-tahun mendatang.

Apalagi, lanjut Dato, Indonesia merupakan salah satu pasar utama Grup Maybank sehingga perusahaan akan terus melakukan inovasi. Salah satunya melalui strategi M25+ yang telah diperbarui.

"Untuk itu, sejalan dengan misi humanising financial service, Maybank berharap dapat menjawab berbagai kebutuhan jaringan bisnis agar terus memenuhi ekspektasi nasabah dan memperkuat daya saing di pasar," pungkasnya. 

Baca Juga: Laba dan Pembiayaan Maybank Finance Melonjak di 2022, Ditopang Bisnis Kendaraan Roda Empat

Penulis: Wenti Ayu Apsari
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: