Menu
Perbankan
    Finansial
      Asuransi
        Multifinance
          Fintech
            Video
              Indeks
                About Us
                  Social Media

                  OJK Kirim Surat ke BSI Untuk Pastikan Keamanan dan Perlindungan Data Nasabah

                  OJK Kirim Surat ke BSI Untuk Pastikan Keamanan dan Perlindungan Data Nasabah Kredit Foto: Antara/M Risyal Hidayat
                  WE Finance, Jakarta -

                  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan telah mengirimkan surat kepada PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terkait perlindungan konsumen. Surat tersebut dikirim melalui departemen market conduct untuk meminta keterangan jelas dari pihak perbankan. 

                  Pengiriman surat itu dilakukan setelah bank syariah terbesar Indonesia ini mengalami gangguan layanan selama beberapa hari mulai dari Senin (8/5) lalu.

                  "Kami sudah mengirimkan surat ke BSI untuk meminta keterangan tentang apa yang terjadi dari sisi perlindungan konsumennya. Karena memang ada ketentuan yang harus dipatuhi terkait dengan keamanan data nasabah, privasi dan juga perlindungan konsumen," kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari dalam acara Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) di Jakarta, Senin (22/5).

                  Friderica mengungkapkan, bahwa pihak BSI dinilai telah menyelesaikan masalah layananan dengan baik dan aman. Sehingga layanan perbankan dari bank syariah terbesar di Indonesia ini kembali berjalan normal lagi.

                  "Kami selalu berkoordinasi dengan mitra OJK dan juga kalau kita melihat saat ini kasusnya sudah diselesaikan dengan baik," ungkapnya.

                  Baca Juga: BSI Tebar Dividen Rp 426 Miliar ke Pemegang Saham

                  Seperti diketahui, layanan BSI sempat bermasalah pada Senin (8/5). Kejadian tersebut berlangsung kurang lebih selama satu pekan. Perseroan memastikan bahwa data dan dana nasabah dalam kondisi aman, sehingga nasabah dapat bertransaksi secara normal dan aman.

                  BSI mencatat adanya kenaikan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) harian dan mencetak volume setoran senilai hampir Rp 1 triliun pada operasional yang dilakukan Selasa (16/5).

                  Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, catatan rekapitulasi dari 1.132 kantor cabang BSI di Indonesia menunjukkan, total nilai setoran tunai yang dilakukan oleh nasabah pada Selasa (16/5) mencapai Rp 981,59 miliar. Nilai setoran tunai tersebut berasal dari 40.142 transaksi.

                  Anton nilang, nilai tersebut tumbuh signifikan dari pencapaian pada Senin (15/5), di mana total volume transaksi tercatat Rp 637,69 miliar yang berasal dari 30.400 transaksi.

                  “Kami bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh nasabah setia BSI yang telah percaya kepada BSI. BSI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada seluruh nasabah dan memperkuat sistem keamanan perbankan,” ujar Anton.

                  Baca Juga: OJK Minta Masyarakat Hati - hati Terhadap Iklan Pinjol di Media Sosial

                  Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
                  Editor: Ferrika Lukmana Sari

                  Bagikan Artikel: