Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

BSI dan Pelindo Jalin Kerja Sama, Dukung Digitalisasi Layanan di Sektor Maritim

BSI dan Pelindo Jalin Kerja Sama, Dukung Digitalisasi Layanan di Sektor Maritim Kredit Foto: Bank Syariah Indonesia (BSI)
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng PT Pelindo Terminal Petikemas guna meningkatkan layanan jasa perbankan syariah di sektor kemaritiman sehingga mendorong digitalisasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan sebagai bank syariah terbesar di Tanah Air, BSI terus berkomitmen meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan mitra-mitra di berbagai sektor, salah satunya di industri kemaritiman.

"PT Pelindo Terminal Petikemas merupakan sub holding dari PT Pelindo. Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat meningkatkan layanan transaksi perbankan bagi ekosistem Pelabuhan," ujar Ngatari dalam keterangan resmi, Jumat (21/7).

Ngatiman menegaskan bahwa BSI siap mendukung dan mengembangkan layanan perbankan untuk Pelindo Terminal Petikemas sehingga mendorong digitalisasi layanan di lingkungan Subholding Pelindo Terminal Petikemas.

“Adanya kerja sama digitalisasi ini akan memudahkan pengguna Jasa Pelindo dalam melakukan transaksi pembayaran secara cashless, dan mendukung transparansi keuangan yang aman dan akuntabel,” kata Ngatari.

Adapun kerja sama antara BSI dan Pelindo Terminal Petikemas, di antaranya penyediaan fasilitas pembayaran secara host to host, penggunaan Virtual Account BSI sehingga pembayaran dapat dilakukan di e-channel BSI seperti ATM, BSI NET, CMS BSI, BSI Mobile dan Kantor Cabang BSI.

Menurut Ngatari, pelayanan tersebut merupakan keberlanjutan kerja sama BSI dan PT Pelindo yang sebelumnya terjalin di Aceh.

Selain itu, BSI juga memfasilitasi sentralisasi pengeloaan anggaran di lingkungan PT Pelindo beserta Sub Holding dan anak perusahaan melalui penggunaan produk BSI Thru Account.

"Hal ini tentunya memudahkan dalam pengelolaan rekening agar lebih efektif, efisien dan akuntabel serta dapat lebih mengoptimalkan likuiditas perusahaan dan dapat menekan biaya operasional,” tambah Ngatari.

Ngatari mengungkapkan bahwa pertumbuhan bisnis BSI dengan Pelindo terus mengalami kenaikan. Hal tersebut terutama dari sisi transaksi retail yang berkaitan dengan layanan pembayaran pengguna jasa Pelabuhan melalui chanel Bill Payment dan Auto Collection System.

Selain kerjasama Host to Host pembayaran, BSI juga menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat dimanfatkan bagi para pegawai Pelindo dan Sub Holding Pelindo. Beberapa produk dan layanan tersebut di antaranya , Tabungan Haji, Tabungan pegawai, Payroll Pegawai, Pembiayaan Griya, Oto, Multiguna, Cicil Emas dan lainnya.

Lebih lanjut, Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas Widyaswendra mengatakan melalui kerja sama layanan dengan BSI, nantinya pengguna jasa tidak perlu melakukan pembayaran jasa kepelabuhanan secara manual.

Seluruh proses pembayaran akan dilakukan dengan pemindahbukuan secara langsung oleh SPTP. Nantinya, antara SPTP dan BSI akan terhubung secara langsung secara host to host untuk melakukan sejumlah layanan perbankan bagi pengguna jasa.

"Transparansi dan integritas menjadi prinsip dalam layanan yang disiapkan antara SPTP dan BSI bagi pengguna jasa," kata Widyaswendra.

Penulis: Wenti Ayu Apsari
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: