Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadir di Berbagai Daerah, Transaksi Harian DANA Melesat hingga 150% pada 2022

Hadir di Berbagai Daerah, Transaksi Harian DANA Melesat hingga 150% pada 2022 Kredit Foto: DANA
WE Finance, Jakarta -

Sepanjang tahun 2022, DANA mencatat pertumbuhan pesat dalam hal pengguna yang terdaftar dan bertransaksi. Penetrasi pembayaran digital dan layanan keuangan DANA telah mencapai lebih dari 135 juta pengguna, yang merupakan pertumbuhan pesat dari jumlah pengguna pada 2021 sebanyak 93 juta. 

Chief Executive Officer DANA Indonesia, Vince Iswara mengatakan pertumbuhan tersebut bersifat organik dengan perluasan tidak hanya di top tier city tetapi meluas ke berbagai daerah. Pada tahun 2022, DANA sudah hadir di lebih dari 50% kota di luar top 20 cities Indonesia dengan penetrasi yang sangat pesat di daerah rural. 

“Kami berterima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan para pengguna dan mitra DANA selama ini, salah satunya terlihat pada rata-rata transaksi harian pada Desember 2022 terdapat pertumbuhan hingga 2,5 kali lipat atau naik 150% dibanding Desember 2021," ujar Vince dalam acara media gathering DANA di Jakarta, Rabu (25/1).

Menurutnya, pencapaian ini merupakan momentum bagi DANA sebagai solusi keuangan modern untuk terus menyebarkan nilai, inovasi, serta produk dan layanan DANA yang maksimal kepada seluruh pemangku kepentingan. 

"Melalui inisiatif program, teknologi serta kolaborasi dengan regulator Bank Indonesia, DANA berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan, kenyamanan, dan pengalaman terbaik bagi kebutuhan keuangan dan gaya hidup sehari-hari para pengguna," imbuhnya.

Baca Juga: Kejar Pertumbuhan Kredit, Bank BTPN Bidik Segmen Korporasi hingga Pensiunan

Ke depannya, Vince berharap pihaknya dapat terus memberikan solusi keuangan modern yang paling sesuai yang melampaui demografi, usia dan bermanfaat bagi masyarakat dan segmen bisnis Indonesia. 

"Kami akan terus menjalin kerja sama erat dengan mitra bisnis dan regulator dalam mewujudkan hal ini," tuturnya.

Berkat kolaborasi erat dengan Bank Indonesia (BI), DANA dinilai membantu misi negara dalam memperluas penyediaan infrastruktur akses layanan keuangan melalui QRIS Cross Border DANA yang sudah tersedia di Thailand.

Dalam fitur dompet digital, DANA mengamankan seluruh aset pembayaran pengguna dalam satu tempat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mencari mode pembayaran dengan mudah, diproteksi dengan keamanan kelas dunia dan dapat disesuaikan dengan limit pembayaran yang dikehendaki. 

Berdasarkan survei YouGov Bank and Payment System Considerations Ranking yang dipublikasikan pada Desember 2022, DANA menempati peringkat pertama Top Improver Indonesian and Payment System Brand.

Chief of Product DANA Indonesia, Rangga Wiseno menyampaikan bahwa nilai sederhana menjadi kunci utama dalam pengalaman pengguna dompet digital DANA. 

"Dalam pengaturan pembayaran tagihan, pengguna akan mendapat pengingat secara berkala, memonitor tagihan, dan bayar dengan satu klik dalam langganan layanan digital mereka," kata Rangga.

Selain itu, bagi mitra merchant DANA juga mengembangkan Merchant Wallet, sebuah dasbor layanan mandiri yang membantu mengoptimalkan bisnis mereka. Merchant diberdayakan untuk bisa melakukan pembayaran, promo untuk bisnis dan manajemen arus kas dalam satu platform sehingga bisnis mereka dapat terus berkembang pesat. 

"Persentase pertumbuhan online merchant DANA pada tahun 2021 ke 2022 adalah senilai 57%," tambahnya.

Baca Juga: Makin Cuan, Laba BCA Naik 29,6% Jadi Rp 40,7 Triliun Sepanjang 2022

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: