Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Siap - siap, BTN Segera Rilis SuperApp Awal 2023 Untuk Dorong Ekosistem Perumahan

Siap - siap, BTN Segera Rilis SuperApp Awal 2023 Untuk Dorong Ekosistem Perumahan Kredit Foto: Antara/Makna Zaezar
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) optimistis akan memenangkan ketatnya persaingan digital banking dalam industri perbankan di tanah air. 

Melalui proses transformasi digital yang sedang dipersiapkan, Bank BTN diharapkan menjelma menjadi bank terbaik di segmen pembiayaan perumahan atau best mortgage bank di tingkat Asia Tenggara.

Salah satu kekuatan Bank BTN yang akan mengguncang pasar adalah aplikasi super (SuperApp) BTN Mobile yang rencananya akan dirilis awal tahun 2023.

Direktur IT dan Digital Bank BTN Andi Nirwoto menyebut kemunculan SuperApp BTN Mobile nantinya akan membuat Bank BTN memiliki pelayanan yang lebih baik berkat pemanfaatan teknologi digital.

"Kuncinya kalau kita masuk digitalisasi tidak cukup dari sisi atau faktor solusi teknologinya saja, tapi kita harus memiliki kekuatan ekosistem," kata Andi dalam keterangan resmi dikutip pada Selasa (24/1). 

Saat ini, perusahaan sudah memiliki ekosistem, khususnya ekosistem mortgage (perumahan) yang selama ini menjadi kekuatan BTN, sehingga konsep solusi digital melalui BTN Mobile mengkombinasi kekuatan teknologi dan kekuatan ekosistem.

Baca Juga: Apresiasi Agen Laku Pandai, Bank Bjb Bagi-Bagi Hadiah Voucher Belanja

Andi menambahkan, saat ini persaingan mobile banking di industri perbankan nasional, memang cukup ketat bahkan fungsi-fungsi dasar seperti payment seperti pembayaran listrik, telepon, air dan juga pembelian, seperti top up e-money, listrik pra bayar juga bisa dilayani oleh fintech atau e-commerce. 

"Sehingga  BTN  Mobile selain memiliki fitur dasar payment and purchase juga akan mengedepankan kekuatan ekosistem kita," ujarnya.

Bank BTN menyebut aplikasi BTN Mobile sebagai superapp karena fitur-fitur yang mereka tawarkan tidak hanya memiliki fitur dasar seperti mobile banking lainnya, tapi juga memiliki fitur finansial yang terkait dengan lingkaran ekosistem di sektor perumahan. 

Andi mengatakan, bahwa perusahaan melayani nasabah dari mulai kepemilikan rumah, sampai dia tinggal di dalamnya, diluar kebutuhan transaksi dasar seperti bayar listrik, air, gas dan pajak bumi dan bangunan (PBB). 

"Konsep utama BTN Mobile menyediakan segala kebutuhan dari ekosistem perumahaan para nasabah BTN.  Ini yang akan menjadi pembeda dengan yang lain," jelasnya.

Dengan platform yang benar-benar baru dan dikelola langsung oleh sumber daya manusia (SDM) yang andal dan dipersiapkan oleh BTN, Andi pun yakin BTN Mobile nantinya akan banyak dibutuhkan oleh para nasabah.

"Dengan BTN Mobile ini, kapan saja, di mana saja akan memudahkan bagi nasabah untuk mendapatkan solusi digital terkait kebutuhan ekosistem perumahan," kata Andi.

Bank BTN sendiri menyasar sekitar 5-7 juta nasabahnya untuk bertransformasi menggunakan BTN Mobile nantinya. Saat ini saja, potensi yang ada berkisar 5-7 juta nasabah BTN yang terkait dengan kebutuhan KPR. 

"Dengan memaksimalkan ini kita sudah bisa memperoleh optimalisasi transaksi yang sudah ada di BTN, di samping kita akan mengakusisi nasabah-nasabah baru seiring dengan inovasi-inovasi produk mortage yang dibuat," pungkas Andi.

Baca Juga: Ditopang Penyaluran Kredit, Uang Beredar di Indonesia Capai Rp 8.525,5 Triliun pada 2022

Penulis/Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: