Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadapi Libur Akhir Tahun, BSI Alokasikan Dana Tunai Rp 15,57 Triliun

Hadapi Libur Akhir Tahun, BSI Alokasikan Dana Tunai Rp 15,57 Triliun Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap memfasilitasi kebutuhan masyarakat saat menyambut libur akhir tahun dengan menyiapkan dana tunai sebesar Rp 15,57 triliun.

Direktur Teknologi Informasi BSI Achmad Syafii mengatakan, jumlah tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari 1 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Pihaknya pun memproyeksikan akan mengalami kenaikan transaksi jelang akhir tahun.

"Saat ini kami fokus untuk memastikan ketersediaan dana tunai terutama pada mesin ATM agar dapat memberikan layanan prima selama 24 jam dalam memenuhi kebutuhan nasabah," kata Achmad dalam keterangan resmi, Jumat (23/12).

Adapun nominal uang tunai yang disiapkan tersebut telah disesuaikan dengan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 52% menjadi Rp 2,44 triliun. Atau diperkirakan sekitar Rp 244 miliar per hari pada periode 23 Desember hingga 2 Januari  2023.

“Kami memperkirakan puncak transaksi tunai diprediksi akan terjadi pada dua pekan terakhir menjelang akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2023 yang merupakan periode libur," ujarnya.

Dalam hal ini, Achmad pastikan bahwa perseroan akan selalu memberikan layanan prima melalui jaringan elektronik BSI di saat libur akhir tahun.

Oleh karena itu, BSI mengimbau kepada nasabah untuk selalu bertransaksi tarik tunai, transfer antar cabang dan pembayaran bulanan, melalui jaringan elektronik BSI yang meliputi 2.500 unit ATM, yang terhubung ke dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, hingga Electronic Data Capture (EDC) yang tersebar di seluruh Indonesia.

BSI juga terus mengimbau nasabah untuk meningkatkan pemanfaatan jaringan elektronik lainnya seperti layanan BSI Mobile.

"Saat ini, seluruh transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi BSI Mobile pada smartphone nasabah," tuturnya.

Selain itu, BSI juga memiliki lebih dari 36.000 Agen BSI Smart yang tersebar di berbagai wilayah. Agen BSI Smart ini menjadi kepanjangan tangan BSI dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan.

Diantaranya yaitu tarik dan setor tunai, transfer antar rekening BSI dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dan sebagainya yang mudah diakses masyarakat.

Bank syariah terbesar ini juga memastikan bahwa di penghujung 2022 tetap melakukan optimalisasi layanan kantor cabang. Perseroan akan beroperasi pada tanggal 24, 25, 31 Desember dan 1 Januari 2023.

Di samping itu, sebanyak 453 kantor cabang BSI tetap akan beroperasi secara terbatas mulai pukul 08.00-14.00 waktu setempat.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada kantor cabang utama, khususnya di lokasi publik,” pungkasnya.

Baca Juga: Jumlah Uang Beredar di Indonesia Makin Banyak, Kini Tembus Rp 8.296,1 Triliun

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: