Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penuhi Ketentuan, OJK Cabut Sanksi Mega Jasa Reinsurance Brokers

Penuhi Ketentuan, OJK Cabut Sanksi Mega Jasa Reinsurance Brokers Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mencabut sanksi pembatasan kegiatan usaha kepada perusahaan pialang asuransi PT Mega Jasa Reinsurance Brokers. Pencabutan sanksi pembatasan kegiatan usaha ini berdasarkan surat Nomor S-1/PD.1/2023 tanggal 16 Agustus 2023.

Deputi Komisioner Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun, Moch. Ihsanuddin menyampaikan, pencabutan sanksi pembatasan kegiatan tersebut karena Mega Jasa Reinsurance Brokers telah memenuhi beberapa ketentuan.

"Pertama, Pasal 30 Peraturan OJK Nomor 70/POJK.05/2016 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pialang Asuransi, Perusahaan Pialang Reasuransi, dan Perusahaan Penilai Kerugian Asuransi yang mengatur penggunaan rekening premi," kata Ihsanuddin dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (15/9).

Kedua, Pasal 6 ayat (1) POJK 70 Tahun 2016 yang mengatur penyerahan premi yang diterima dari perusahaan ceding kepada reasuradur paling lama 30 hari kerja sejak premi diterima atau sesuai jangka waktu pembayaran premi yang ditetapkan dalam perjanjian reasuransi yang bersangkutan, mana yang lebih singkat.

Baca Juga: LPS Jamin 15,43 Juta Rekening Nasabah BPR per Juni 2023

Ketiga, Pasal 2 ayat (1), Pasal 71 ayat (1) dan (2) huruf d, dan Pasal 72 Peraturan OJK Nomor 73/POJK.05/2016 tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik bagi Perusahaan Perasuransian.

"Yang mengatur penerapan tata kelola yang baik, kewajiban melindungi kepentingan pemegang polis atau pihak yang berhak menerima manfaat, dan pelaksanaan kewajiban yang timbul berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan atau perjanjian yang dibuat dengan pegawai, pemegang polis atau pemangku kepentingan," jelas Ihsanudin.

Keempat, Pasal 11 POJK 73 Tahun 2016 yang mengatur antara lain kewajiban bagi direksi untuk memastikan kepentingan semua pihak, khususnya kepentingan pemegang polis atau pihak yang berhak memperoleh manfaat.

"Dengan dicabutnya sanksi pembatasan kegiatan usaha, Mega Jasa Reinsurance Brokers diperbolehkan kembali melakukan jasa keperantaraan reasuransi," pungkasnya.

Adapun Mega Jasa Reinsurance Brokers beralamat lengkap di Graha Surveyor Lantai 2, Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 56, Kuningan Timur, Setiabudi, Kota Administrasi Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Baca Juga: Izin BPR Karya Remaja Indramayu Dicabut OJK, Penyelesaian Kewajiban Diserahkan ke Tim Likuidasi

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: