Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini 3 Jurus OJK Tingkatkan Tata Kelola di Industri Jasa Keuangan

Ini 3 Jurus OJK Tingkatkan Tata Kelola di Industri Jasa Keuangan Kredit Foto: OJK
WE Finance, Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong penguatan governance atau tata kelola di Industri Jasa Keuangan (IJK).  Ketua Dewan Audit OJK, Sophia Wattimena mengatakan hal ini sangat penting dalam menjaga stabilitas sektor keuangan dan meningkatkan kontribusinya dalam perekonomian nasional.

Dia menyampaikan, pihaknya telah meminta agar IJK terus memperkuat governance dengan pendekatan tiga jalur model yang bertujuan untuk mewujudkan industri jasa keuangan yang sehat dan berintegritas.

"Jalur pertama adalah penerapan regulasi oleh pelaku usaha sektor jasa keuangan antara lain dengan peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) dan fungsi GRC (Governance, Risk, and Compliance)," ujar Sophia dalam keterangan tertulis, Rabu (9/8).

Jalur kedua, lanjut Sophia, adalah penerapan regulasi oleh lembaga penunjang sektor jasa keuangan antara lain dengan penguatan proses quality assurance. 

"Sementara jalur ketiga adalah penerbitan dan evaluasi regulasi oleh regulator dan pengawas, termasuk optimalisasi teknologi dalam supervisi," tuturnya.

Baca Juga: Allianz Life Ajukan Izin Spin Off Unit Usaha Syariah ke OJK

Menurutnya, penerapan manajemen risiko di sektor jasa keuangan perlu bertransformasi dari compliance driven menjadi terintegrasi pada proses bisnis organisasi. 

Dia menilai, hal ini diperlukan mengingat manajemen risiko merupakan aspek penting dan esensial tidak hanya hal-hal yang bersifat negatif, namun juga untuk menangkap peluang dan akan efektif jika melekat dalam setiap pengambilan keputusan. 

"Manajemen risiko yang terintegrasi dalam proses bisnis organisasi, juga bisa menciptakan dan melindungi nilai organisasi, sehingga dapat meningkatkan kinerja, mendorong inovasi, dan mendukung pencapaian tujuan organisasi," imbuhnya.

Baca Juga: Hasan Fawzi dan Agusman Resmi Dilantik Jadi Dewan Komisioner OJK

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: