Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Strategi BukuWarung Dorong Tranformasi Digital UMKM

Begini Strategi BukuWarung Dorong Tranformasi Digital UMKM Kredit Foto: BukuWarung
WE Finance, Jakarta -

Transformasi digital adalah kunci untuk perkembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia. Mereka yang memanfaatkan teknologi digital dan internet, melakukan promosi daring, mendapatkan pelatihan, serta memiliki pengalaman dan keterampilan yang lebih besar untuk naik kelas.

Berdasarkan hasil survei CORE, sebanyak 70% pelaku UMKM mengalami kenaikan pendapatan rata-rata 30% dengan tergabung dalam ekosistem digital. Pemerintah saat ini menargetkan 30 juta pelaku UMKM untuk go digital pada 2024.

Direktur Merchant Experience BukuWarung, Adi Harlim mengatakan kunci dari transformasi digital yang efektif untuk UMKM terletak pada kemampuan mereka untuk menggunakan aplikasi dengan cepat sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi yang lebih baik.

"Dalam hal ini, onboarding adalah pintu gerbang proses transformasi digital yang memperkenalkan pengguna baru kepada teknologi digital yang akan digunakan oleh UMKM," ujar Adi dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (4/7).

Baca Juga: Bank BRI Gandeng BRI Life Hadirkan Asuransi Kirana, Ini Keunggulannya

Dia menjelaskan, proses onboarding membutuhkan kombinasi antara pelatihan dan dukungan layanan yang komprehensif, keamanan infrastruktur IT, serta tim dan proses yang tepat.

"Transisi digital bagi usaha kecil haruslah mulus dan efisien dan semua dimulai dengan proses edukasi dan onboarding," tuturnya.

Proses onboarding BukuWarung berbasis digital, lanjut Adi, dimulai dari mengisi informasi profil pengguna serta verifikasi identitas yang instan dan akurat.

"Namun di saat yang sama, pendekatan personal sama pentingnya saat onboarding aplikasi untuk pelaku usaha kecil. Dalam proses ini, tim lapangan kami sebagai perwakilan perusahaan memastikan pengguna memiliki partner yang terpercaya untuk menjawab pertanyaan dan masalah yang mungkin mereka alami," jelasnya.

Dalam prosesnya, Adi menambahkan, pihaknya mempersoanlisasi layanan dengan kebutuhan pengguna. Diawali dengan edukasi penggunaan aplikasi, keamanan digital, membantu pembukaan akun secara online (digital onboarding), hingga perluasan ke lebih banyak layanan.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan inovasi produk digital yang berkelanjutan, sentuhan personal dan manajemen pelanggan yang solid,” pungkasnya.

Cara-cara ini diyakini dapat mendongkrak pengalaman transformasi digital UMKM sehingga bisa mendorong mereka naik level.

Sebagai informasi, baru-baru ini Bukuwarung menerima Penghargaan Digital Customer Engagement Champion 2023 dalam kategori Jasa Berbasis Aplikasi dari Majalah SWA dan Business Digest.

Baca Juga: Ekspansi Ke Pasar Global, BNI Fasilitasi Layanan Keuangan di Indonesia Incorporated Hong Kong

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: