Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng DANA, Bank DBS Dorong Transformasi Aplikasi API Untuk Layanan Pembayaran Digital

Gandeng DANA, Bank DBS Dorong Transformasi Aplikasi API Untuk Layanan Pembayaran Digital Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

Bank DBS Indonesia dan PT Espay Debit Indonesia (DANA) berkolaborasi untuk menciptakan solusi digital dan mendukung perekonomian digital Indonesia.

Kolaborasi yang terjadi sejak Agustus 2022 ini memiliki fokus untuk mentransformasikan layanan real time Application Programming Interface (API) by DBS atau DBS RAPID untuk memproses pembayaran, pelunasan piutang, dan informasi transaksi secara real time ke dalam alur kerja bisnis selama 24/7.

Rangga Wiseno, Chief Product Officer DANA mengatakan, pihaknya telah berambisi menciptakan aplikasi teknologi finansial dengan layanan pembayaran yang transparan dan mudah digunakan bagi masyarakat.

"Sebagai dompet digital berbasis nomor telepon, DANA menawarkan layanan pengisian saldo, pengiriman uang, pembayaran tagihan online dan offline, top-up game online, serta transaksi menggunakan barcode scan di berbagai gerai dan e-commerce," ujar Rangga dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (26/5).

Tidak sampai di situ, DANA turut menghadirkan fitur layanan transfer bebas biaya ke bank dan non-bank. Saat ini, berbagai layanan DANA sudah dinikmati oleh 144 juta pengguna.

“Kami percaya seluruh masyarakat berhak atas akses ke layanan keuangan. Oleh karena itu, DANA berfokus meningkatkan layanan digital guna menjangkau lebih banyak masyarakat, terutama di daerah rural," ungkapnya.

Baca Juga: Sinarmas MSIG Life Luncurkan Asuransi Unit Link, Beri Proteksi Hingga Usia 100 Tahun

Menurut Rangga, sebagai salah satu bank yang berpartisipasi sejak tahap pertama penerapan BI-Fast, DBS Indonesia mengombinasikan fitur API pada layanan DBS RAPID.

"BI-Fast API yang membantu proses pengiriman dana domestik di bank peserta BI-Fast secara instan dan kapan saja serta Transaction Status Enquiry (TSE) API yang beroperasi untuk memeriksa status pembayaran jika terjadi time-out koneksi," kata dia.

Head of Global Transactions Services PT Bank DBS Indonesia Dandy Pandi menyampaikan, pihaknya senang dapat membantu DANA mengakselerasi layanan berbasis digital dan mencapai efisiensi layanan perbankan. Hal ini didukung oleh kapabilitas Bank DBS Indonesia yang menyediakan lebih dari 46 layanan API untuk memudahkan kebutuhan transaksi nasabah korporasi.

Baca Juga: BSI dan Kementerian ATR/BPN Bersinergi Bantu Percepat Pengurusan Sertifikat Hak Tanggungan

"Dengan mengintegrasikan layanan perbankan kami ke dalam sistem inti DANA, mereka dapat beroperasi tanpa perlu berpindah platform sehingga membuat transaksi lebih kasat mata. Komitmen ini membuat kami More like an innovator, less like a bank yang terus berinovasi untuk memberikan solusi perbankan digital cerdas dan intuitif yang siap membantu pertumbuhan bisnis dengan pesat," jelasnya.

Oleh karena itu, memiliki misi untuk menjadi Bank of Choice for Transition, Bank DBS Indonesia berkomitmen untuk membantu korporasi dan juga fintech melakukan transisi menjadi lebih ramah lingkungan dan mengoptimalkan penerapan digitalisasi.

Pada segmen fintech, baru-baru ini Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan KreditPro (PT Tri Digi Fin), sebuah platform pendanaan digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia untuk menyediakan pembiayaan untuk rantai pasok (supply chain financing).

Hingga saat ini, DBS berperan sebagai pemberi pinjaman institusi (institutional lender) di mana dana pinjaman disalurkan kepada UMKM yang tergabung di KreditPro. Kerja sama ini merealisasikan aspirasi DBS dalam menjangkau segmen UMKM.

Baca Juga: Gandeng Alibaba, BTN Perkuat Layanan Mobile Banking dengan Teknologi Cloud

Penulis: Wenti Ayu Apsari
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: