Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Transaksi Kartu Kredit CIMB Niaga Melonjak Lebih dari 20% di Kuartal I 2023

Transaksi Kartu Kredit CIMB Niaga Melonjak Lebih dari 20% di Kuartal I 2023 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mencatatkan pertumbuhan nilai transaksi kartu kredit sebesar lebih dari 20% secara tahunan (yoy) pada tiga bulan pertama tahun ini. Adapun saldo outstanding kartu kredit telah mencapai Rp 9 triliun.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan, tren kredit konsumer pada kuartal II 2023 diperkirakan akan tumbuh positif baik dari sisi pendapatan, dana, maupun dari sisi pinjaman.

"Ketika lebaran tren transaksi meningkat, karena waktu lebaran banyak yang liburnya panjang. Jadi banyak transaksi di tempat wisata, sehingga terjadi peningkatan transaksi kartu kredit ataupun kartu debit. Setiap tahunnya mendekati hari libur seperti pembelian rumah, pembelian mobil justru tertunda karena prioritas nasabah bersama keluarga dan jalan-jalan," katanya dalam konferensi pers XTRA XPO 2023 di Jakarta, dikutip Senin (15/5).

Noviady juga mengungkapkan, adanya pergeseran penggunaan transaksi kartu kredit pada periode pendemi Covid 19 dan setelah berakhirnya periode tersebut. Selama masa pandemi Covid 19, peningkatan transaksi kartu kredit ada di e-commerce.

"Setelah kuartal IV 2022 mulai kembali bergeser, transaksi lebih banyak di mal, pada saat liburan lebih banyak penggunaan untuk pembelian tiket pesawat, hotel. Sementara  pada Kuartal I 2023, mendekati masa puasa dan lebaran banyak transaksi di restoran, terjadi peningkatan wisata di Bandung dan Bali," katanya.

Adapun transaksi kartu kredit CIMB Niaga ketika masa pandemi mencapai sekitar Rp 2,5 triliun. Setelah berakhirnya periode tersebut sudah di atas Rp 3 triliun. Noviady menargetkan transaksi kartu kredit pada tahun ini tumbuh sebesar dua digit di kisaran 10%-20%.

Baca Juga: RI - Korea Selatan Perkuat Kerja Sama Untuk Tingkatkan Kapasitas SDM di Sektor Keuangan

Untuk mencapai target tersebut, berbagai strategi telah dipersiapkan. Di antaranya dengan menggelar XTRA XPO pada 19-21 Mei 2023 secara serentak di tiga kota yakni Jakarta (Senayan City), Surabaya (Pakuwon Mall), dan Medan (DeliPark).

Noviady menyatakan, XTRA XPO menjadi ajang untuk memberikan pengalaman perbankan kepada nasabah, sehingga dapat lebih memahami dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya, termasuk mengoptimalkan rewards poin Xtra.

“Melalui XTRA XPO, kami memberikan kesempatan kepada nasabah untuk memanfaatkan keistimewaan Poin Xtra yang dimiliki. Khusus dalam acara ini nasabah bisa menukarkan Poin Xtra menjadi voucher merchant dengan diskon sebesar 50%," ujarnya.

Dengan voucher tersebut, nasabah dapat membeli berbagai produk dari mitra CIMB Niaga secara lebih hemat dan waktu yang lebih fleksibel hingga masa berlaku voucher habis. Adapun produk-produk yang ditawarkan mulai dari rumah, mobil, gadget, tiket travel, belanja berbagai kebutuhan (shopping), hingga makanan dan minuman.

Poin Xtra merupakan program loyalitas yang diberikan kepada nasabah ritel berupa poin reward atas beragam transaksi perbankan yang dilakukan nasabah. Semakin banyak transaksi, semakin banyak pula poin Xtra yang dimiliki. Pada XTRA XPO, semakin banyak Poin Xtra yang dimiliki, semakin banyak pula XTRA Crazy Deals yang bisa dinikmati nasabah.

Pameran kali ini juga menawarkan XTRA Crazy Deals diskon 50% pakai poin Xtra dengan kuota lebih banyak, yaitu 50.000 kuota yang bisa dinikmati di tiga kota selama acara berlangsung. 

Baca Juga: Layanan BSI Kembali Normal, OJK Minta Industri Perbankan Perkuat Sistem Keamanan Siber

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: