Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Literasi Bagi Generasi Muda, AAJI Resmikan Studio Podcast

Tingkatkan Literasi Bagi Generasi Muda, AAJI Resmikan Studio Podcast Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) meresmikan Studio Podcast untuk mendukung peningkatan program edukasi dan literasi melalui kanal digital. Hal ini merupakan wujud nyata dari visi dan misi AAJI untuk senantiasa bertransformasi dalam upaya meningkatkan kualitas industri asuransi jiwa.

Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon menyampaikan bahwa saat ini minat masyarakat terhadap asuransi jiwa semakin meningkat. "Sampai dengan akhir Desember 2022, jumlah tertanggung asuransi jiwa mengalami kenaikan sebesar 30,4%," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (28/3).

Menurut Budi, adanya peningkatan jumlah tertanggung yang konsisten menunjukkan minat masyarakat yang semakin kuat terhadap produk-produk asuransi jiwa. 

"Namun demikian, kami memandang peningkatan ini juga perlu diimbangi dengan edukasi yang berkelanjutan agar masyarakat sepenuhnya memahami ketentuan-ketentuan dalam produk asuransi jiwa yang dimilikinya," ucapnya.

Meningkatnya penggunaan kanal digital sebagai sarana untuk memperoleh informasi dimanfaatkan oleh AAJI untuk meningkatkan edukasi melalui saluran-saluran digital yang dimilikinya. 

Setelah sukses dengan kegiatan webinar, pada awal tahun 2023 ini AAJI akan memperluas target edukasinya dengan memperbanyak konten video on demand salah satunya podcast 'NGOBRAS : Ngobrolin Asuransi'.

Baca Juga: Perkuat Kontribusi Bagi Masyarakat, BSI Salurkan Zakat Senilai Rp 173,07 Miliar

“Diluncurkannya studio ini sedikit banyaknya diharapkan dapat meningkatkan literasi edukasi industri asuransi dan juga sosialisasi peraturan-peraturan terbaru yang berlaku di industri kepada para tenaga pemasar dan segenap insan asuransi jiwa," jelas Budi.

Ia juga berharap dengan semakin meningkatnya literasi dan edukasi maka pertumbuhan asuransi jiwa di Indonesia dapat terus meningkat dan upaya untuk menciptakan industri asuransi jiwa yang semakin bertumbuh, berkualitas dan dicintai masyarakat akan segera tercapai.

Pemilihan podcast sebagai salah satu konten reguler di kanal media sosial AAJI juga dilakukan untuk menyasar generasi milenial dan gen z yang saat ini populasinya mendominasi di Indonesia. Data sensus penduduk BPS tahun 2020 menyatakan ada 144,3 juta orang atau 53,8% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. 

Ketua Bidang Marketing dan Komunikasi AAJI, Novita Rumngangun yang juga turut hadir dalam peresmian studio podcast ini menilai hadirnya studio ini merupakan awalan dari lahirnya program edukasi literasi keuangan yang dapat menyasar masyarakat generasi milenial dan mudah dipahami oleh mereka yang berada pada golongan Gen Z. 

Baca Juga: Berkat KUR BRI, Usaha Kue di Makassar Ini Raih Sukses

Melalui program NGOBRAS, AAJI berupaya memberikan tayangan edukasi tentang asuransi yang sampaikan melalui obrolan santai yang menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, mulai dari praktisi asuransi hingga public figure. Sehingga diharapkan topik asuransi yang selama ini dipandang rumit menjadi lebih mudah dipahami oleh generasi muda.

Hasil survei literasi dan inklusi asuransi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022 masih menunjukkan angka yang cukup rendah jika dibandingkan dengan perbankan. Indeks literasi asuransi masih berada pada angka 31,72% sedangkan inklusinya baru mencapai 16,63%.

"Kehadiran studio podcast ini tentunya menjadi kebanggaan bagi industri asuransi jiwa karena memiliki media yang bisa memberikan informasi yang luar biasa terkait asuransi jiwa. Harapannya akan semakin banyak masyarakat yang terinformasi mengenai pentingnya asuransi, segala pengetahuan tentang asuransi sehingga semakin banyak masyarakat yang melek asuransi," jelas Novita.

Sementara itu, Direktur Eksekutif AAJI, Togar Pasaribu turut menyampaikan harapannya agar studio podcast yang dimiliki oleh AAJI dapat dimanfaatkan juga oleh perusahaan anggota untuk memperbanyak konten-konten edukasi.

“Melalui podcast ini AAJI dan para anggotanya bisa memberikan informasi atau pemahaman lebih mendalam terkait hal-hal tersebut. Sehingga ke depan tingkat kesadaran dan kepercayaan industri asuransi jiwa bisa lebih baik dari yang sebelumnya,” tutup Togar.

Baca Juga: Hadapi Tekanan Global, OJK Desak Bank Perkuat Tata Kelola dan Manajemen Risiko

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: