Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Strategi BNI Genjot Pertumbuhan Kredit Ekspor di 2023

Ini Strategi BNI Genjot Pertumbuhan Kredit Ekspor di 2023 Kredit Foto: BNI
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) terus mendorong penyaluran kredit ekspor melalui program BNI Xpora pada 2023. Hal ini sejalan dengan pencapaian pada tahun lalu, di mana kredit ekspor BNI mencapai Rp 26,72 triliun, tumbuh 40,26% yoy. 

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, selama ini perseroan aktif mendukung peningkatan akses pembiayaan bagi UMKM dari kota hingga desa, dari sawah hingga hutan bahkan hingga tingkat global. Salah satunya melalui cluster financing yang disesuaikan dengan potensi bisnis masing-masing daerah.

"Tentunya tahun ini upaya untuk memperkuat ekspor akan terus kami lanjutkan. Kami harap hal ini dapat membantu upaya pemerintah untuk melanjutkan tren positif pertumbuhan ekonomi di periode transisi endemi," kata Royke dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/3).

Adapun fokus pembiayaan kluster BNI saat ini adalah pada sektor pertanian di mana pertumbuhan debitur yang dibiayai pada sektor ini rata-rata di atas 10%.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Allianz Syariah Perkuat Literasi Asuransi Syariah ke Masyarakat

Dalam rangka memperkuat UMKM ke pasar global, BNI pun telah melakukan beberapa program di antaranya meningkatkan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM), memproses kredit melalui pelatihan tematik yang disesuaikan dengan potensi daerah.

Selain itu, perseroan juga mendorong integrasi dari hulu ke hilir untuk menciptakan ekosistem pembiayaan khususnya di sektor pertanian seperti kerja sama dengan Holding Company Pupuk Indonesia (Pupuk Indonesia).

Royke mengatakan, hal tersebut untuk memastikan ketersediaan pupuk dengan startup pertanian dalam mendukung pengolahan budi daya yang lebih modern, dan bekerja sama dengan perusahaan offtaker untuk memperluas akses pasar.

“Kemudian memperluas inklusi keuangan melalui keberadaan Agen46 sebagai perpanjangan dari outlet BNI untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas,” ujarnya.

Di samping itu, BNI juga menyediakan business matching dan perkenalan antara pemasok dalam negeri dan pembeli di luar negeri, memanfaatkan koneksi cabang luar negeri dan diaspora dengan 116 acara business matching yang diadakan hingga saat ini.

Di sisi lain, bank plat merah ini juga melakukan lebih dari 40 pelatihan dan sosialisasi Xpora baik kepada internal BNI maupun kepada UMKM untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan pegawai dan UMKM.

“BNI terus aktif dalam upaya mendorong UMKM berkembang dan go global sebagai komitmen BNI untuk menjadi agent of development pemerintah,” pungkas Royke.

Baca Juga: Laris Manis, 200 Ribu Investor Ritel Pesan SBN di Aplikasi Livin' by Mandiri

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: