Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Dana Pensiun
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hormati Hak Konsumen, ACC Gelar Refreshment untuk Petugas Eksekusi Fidusia

Hormati Hak Konsumen, ACC Gelar Refreshment untuk Petugas Eksekusi Fidusia Kredit Foto: Sufri Yuliardi
WE Finance, Jakarta -

Astra Credit Companies (ACC) menyelenggarakan kegiatan refreshment nasional berkala untuk seluruh petugas eksekusi fidusia baik internal ACC maupun eksternal secara hybrid.

Kegiatan refreshment itu menunjukkan bahwa ACC telah melakukan pembinaan terhadap petugas eksekusi jaminan secara dini sehingga diharapkan dapat menjalankan eksekusi dengan baik, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Chief Operation Officer ACC Ezar Kumendong meyampaikan kegiatan refreshment nasional berkala untuk Petugas Eksekusi Fidusia merupakan kewajiban yang dilakukan baik internal maupun eksternal sesuai dengan peraturan serta menghormati hak-hak konsumen.

"Para Petugas Eksekusi Fidusia ini juga diingatkan kembali mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika melakukan eksekusi fidusia," ujar Ezar dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (17/3).

Selain itu, kegiatan refreshment berkala Petugas Eksekusi Fidusia ini memiliki tema Menjalankan Penanganan Penagihan dengan Benar dan Efektif.

Menurut Ezar, sebagai perusahaan pembiayaan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ACC selalu melakukan kegiatan usaha dengan prudent sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Proses penagihan dan penarikan kendaraan merupakan opsi terakhir yang diambil oleh ACC selaku perusahaan pembiayaan atas pelanggan yang mengalami keterlambatan pembayaran angsuran.

Baca Juga: Perkuat Kualitas Kredit UMKM, OJK Dorong Sinergi dengan LPIP dan ICS

“Terhadap pelanggan yang mengalami penunggakan pembayaran kami melakukan penagihan dengan cara telepon, mengirimkan surat Peringatan (SP) 1 hingga 3 dan juga kunjungan dari tenaga penagihan internal kami. Ketika telah terjadi wanprestasi atau tidak ada itikad baik dari pelanggan, maka dilakukan penarikan kendaraan oleh Petugas Eksekusi Fidusia yang sudah tersertifikasi dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI)," jelas Ezar.

Ezar pun mengimbau bagi pelanggan ACC agar memperhatikan dengan baik isi dari perjanjian pembiayaan dan juga apa yang menjadi hak dan kewajibannya.

"Kami mengimbau pelanggan agar melakukan pembayaran secara tepat waktu sehingga tidak timbul denda. Jika ada masalah selama masa kredit pelanggan dapat langsung menghubungi kantor cabang ACC terdekat. Kami akan mencarikan solusi bersama yang terbaik untuk pelanggan," ungkapnya.

Baca Juga: Begini Cara Adira Finance Bidik Konsumen di Pelosok Daerah

Penulis: Wenti Ayu Apsari
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: