Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukung UMKM Naik Kelas, Pemerintah Tingkatkan Porsi Kredit hingga 30% di 2024

Dukung UMKM Naik Kelas, Pemerintah Tingkatkan Porsi Kredit hingga 30% di 2024 Kredit Foto: Kemenko Bidang Perekonomian
WE Finance, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan hal yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih tinggi lagi.

Ia mengungkapkan bahwa jumlah UMKM telah mendominasi di dalam struktur perekonomian di Indonesia, dengan jumlah yang terus bertambah setiap tahun. 

"Dalam dua dekade terakhir, (UMKM) menyumbangkan rata-rata 57% terhadap PDB dan menyerap 97% dari total tenaga kerja,” tutur Airlanga dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (10/3).

Dia mengatakan, pemerintah melihat salah satu strategi pengembangan UMKM Naik Kelas dan UMKM Go Export, yaitu melalui peningkatan akses pembiayaan atau porsi kredit. Menurutnya, saat ini porsi kredit UMKM dari total kredit masih terbatas pada kisaran 21%.

Baca Juga: Nasabah Harus Paham! Ini Manfaat dan Risiko Asuransi Unit Link

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo sudah memberikan arahan untuk meningkatkan porsi kredit UMKM menjadi minimal 30% pada tahun 2024 nanti.

“Target ini tidak mudah, karena 2024 tinggal 2 tahun lagi. Dan tentu ini memerlukan usaha ekstra dari kita semua,” ungkap Airlangga.

Berbagai bentuk kebijakan telah dikeluarkan untuk meningkatkan akses pembiayaan UMKM. Di antaranya degan menyiapkan kredit ultra mikro sampai level usaha menengah, Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mendekati Rp 450 triliun, dan juga berbagai upaya lain termasuk pembiayaan ultra mikro yang disubsidi dengan bunga 3%.

“Saat ini kita berorientasi kepada sektor produktif agar (pembiayaan UMKM) berjalan lebih optimal. Dan diharapkan ekosistem pembiayaan yang terintegrasi mulai dari program bantuan sosial sampai bantuan komersial keuangan bisa didorong agar UMKM segera bisa naik kelas,” jelasnya.

Baca Juga: Bank Sumut Tebar Dividen Tunai Rp 560,05 Miliar Ke Pemegang Saham

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: