Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengguna BNIDirect dan Mobile Banking Naik Signifikan, Transaksi BNI Ikut Terdongkrak

Pengguna BNIDirect dan Mobile Banking Naik Signifikan, Transaksi BNI Ikut Terdongkrak Kredit Foto: Dok. BNI.
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus memperkuat sektor digital untuk memberi kemudahan transaksi kepada nasabah melalui tiga Product Champion yaitu BNI Mobile Banking, BNIDirect, dan BNI Xpora membuah hasil.

Hal tersebut tercermin dari jumlah pengguna BNI Mobile Banking di sepanjang tahun 2022 mencapai 13,6 juta, tumbuh 26,1% year on year (yoy), yang diikuti dengan jumlah transaksi mencapai 597 juta atau tumbuh 37,6% yoy.

Begitu pula dengan pengguna BNIDirect yang tumbuh 24,9% yoy menjadi 100 ribu pengguna di sepanjang tahun 2022, dengan jumlah transaksi yang juga meningkat 18,4% yoy atau mencapai 764 juta transaksi.

Sementara melalui BNI Xpora, total kredit ekspor telah menembus Rp 26,72 triliun, naik dari 2021 yang tercatat Rp 19,05 triliun. Volume perdangan ekspor mencapai Rp 66,21 triliun, naik dari 2021 yang tercatat Rp 24,36 triliun.

Sekretaris Perusahaan BNI, Okki Rushartomo menyampaikan, pencapaian tersebut tak terlepas dari komitmen BNI dalam bertransformasi ke sistem digital sehingga bisa memberikan layanan yang lebih efisien kepada nasabah.

“Kami terus memperkuat struktur manajemen perseroan untuk bertransformasi ke arah digitalisasi yang mumpuni agar bisa memberi solusi finansial bagi nasabah,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu, (1/2).

Okki mengungkapkan hal ini sejalan dengan agenda transformasi BNI melakukan pengembangan tiga produk juara yang telah mendorong penguatan bisnis transaksi ritel dan institusi sekaligus memperkuat solusi perbankan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Go Global.

Baca Juga: BNI Apresiasi Pebulutangkis Nasional Sabet Dua Gelar di Indonesia Master 2023

Di sisi ritel, BNI Mobile Banking memiliki beragam fasilitas yang memudahkan transaksi nasabah seperti transfer, e-Wallet, pembayaran, pembelian, investasi, digital loan, mobile tunai, dan masih banyak lagi.

"Nasabah BNI mulai mengubah pola transaksinya dari platform konvensional ke platform digital. Hal ini sejalan dengan strategi BNI untuk menjadikan BNI Mobile Banking sebagai one stop financial solutions bagi nasabah," jelas Okki.

BNI juga memiliki BNIDirect untuk menunjang transaksi bisnis nasabah dan debitur insititusi secara digital untuk memenuhi semua kebutuhan klien dalam satu portal terintegrasi. 

Selain itu, BNI Xpora ditujukan untuk pelaku UMKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. BNI Xpora menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UMKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar khususnya ekspor.

Melalui BNI Xpora ini, lanjut Okki, UMKM bisa mendapatkan pemberdayaan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas produksi edukasi penyusunan laporan keuangan. 

"Yang tidak kalah penting yakni dukungan perluasan pemasaran produk melalui business match-making dengan buyer di pasar global," imbuhnya.

Okki menambahkan, ke depannya, perseroan akan melanjutkan fokus dalam pengembangan digitalisasi untuk mempermudah transaksi nasabah baik perorangan maupun institusi.

“Arah ke depan kita lebih fokus untuk penguatan digital, dalam hal ini layanan yang lebih baik kepada nasabah,” pungkasnya.

Baca Juga: Perkuat Organisasi, OJK Lantik Pimpinan Satuan Kerja, Ini Daftarnya

Penulis: Alfi Salima Puteri
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: