Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berkat Layanan Digital, Bank Mandiri Berhasil Himpun Penerimaan Negara Senilai Rp 517 Triliun

Berkat Layanan Digital, Bank Mandiri Berhasil Himpun Penerimaan Negara Senilai Rp 517 Triliun Kredit Foto: Bank Mandiri
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) berhasil menghimpunan penerimaan negara melalui perusahaan mencapai Rp 517 triliun hingga September 2022. Nilai itu meningkat 32,5% secara tahunan (yoy). 

Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Panji Irawan bilang, pencapaian ini berkat layanan digital andalan Livin’ dan Kopra by Mandiri, yang mampu meningkatkan antusiasme nasabah dalam membayar setoran kepada negara.

"Kedua layanan digital tersebut memberikan kemudahan yang optimal bagi individu maupun pelaku usaha dalam membayarkan setoran kepada negara," kata Panji dalam keterangan resmi, Selasa (25/10).

Menurut Panji, keduanya dapat dilakukan dalam platform yang sama dengan sumber dana sehingga sangat praktis dan tidak perlu pindah ke aplikasi lain.

Bank Mandiri, kata Panji, ingin terus merealisasikan peran sebagai mitra pemerintah yang konsisten mendukung pencapaian target pembangunan.

Atas keinginan tersebut, perusahaan telah menyiapkan layanan keuangan terbaik untuk mengoptimalisasi penerimaan negara melalui penerapan Modul Penerimaan Negara Generasi ketiga (MPN G3) oleh Kementerian Keuangan.

Hasilnya, Bank Mandiri sebagai agen penghimpun penerimaan negara telah berkontribusi Rp 533 triliun atau sekitar 26,5 persen dari total realisasi penerimaan negara pada APBN 2021 yang mencapai Rp 2.011,3 triliun. Kontribusi ini meningkat 24 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 430 triliun.

Emiten bersandi BMRI juga telah mengembangkan layanan super app Livin’ by Mandiri dan digital super platform Kopra by Mandiri yang mampu memudahkan nasabah retail dan wholesale dalam memenuhi kewajiban kepada negara.

"Layanan ini terhubung langsung dengan MPN G3 Kemenkeu sehingga monitoring dan pelaporan dapat dilakukan secara up to date," ujarnya.

Tak ayal, Kementerian Keuangan menganugerahi Bank Mandiri dengan predikat Diamond dalam Collecting Agent Performance Award 2021 kategori BUMN yang merupakan penghargaan tertinggi atas realisasi volume penerimaan negara terbesar.

“Ke depan, kami percaya kehadiran dua layanan digital terkini tersebut akan berkontribusi pada peningkatan penerimaan negara, karena jumlah pengguna yang terus meningkat dan pengembangan inovasi fitur keuangan, baik pada Livin’ maupun Kopra by Mandiri,” pungkasnya.

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: