Menu
Perbankan
Finansial
Asuransi
Multifinance
Fintech
Video
Indeks
About Us
Social Media

Manjakan Nasabah, Ini Sederet Fitur dan Layanan Digital Bank Mandiri

Manjakan Nasabah, Ini Sederet Fitur dan Layanan Digital Bank Mandiri Kredit Foto: WE
WE Finance, Jakarta -

Menyambut usia ke-24 pada 2 Oktober 2022, Bank Mandiri terus mempercepat proses transformasi digital. Dengan menghadirkan layanan perbankan secara digital dari hulu ke hilir kepada nasabah dan masyarakat. 

Direktur Information Technology Bank Mandiri Tim Utama menyebut transformasi digital Bank Mandiri telah melahirkan transaksi keuangan yang serba instan, cepat dan mudah. Hal ini menjadi kunci perseroan menyediakan layanan terbaik bagi nasbaha. 

“Dalam era saat ini, transformasi digital sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama di tengah tren adopsi digitalisasi teknologi yang semakin pesat," kata Tim dalam keterangan resmi dikutip pada Senin (3/10). 

Dengan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan nasabah, Bank Mandiri telah meluncurkan dua layanan digital yaitu Livin’ by Mandiri untuk ritel dan Kopra by Mandiri untuk wholesale. 

Alhasil, dalam beberapa bulan terakhir bank bersandi bursa BMRI ini telah menyematkan beragam fitur dan layanan digital untuk memanjakan nasabah. Livin’ by Mandiri telah dilengkapi dengan dua fitur anyar. Akhir Mei 2022 lalu, Bank Mandiri telah merilis fitur investasi bertajuk Livin’ Investasi. 

Tim mengatakan, fitur ini menawarkan kemudahan investasi bagi pengguna dengan lebih cepat dan aman. Bagaimana tidak, pengguna Livin’ by Mandiri dapat langsung membeli reksa dana secara praktis mulai dari Rp 100.000. 

Tidak hanya itu, nasabah juga dapat memantau portofolio yang dimiliki kapan saja dan di mana saja secara praktis di dalam satu aplikasi. Terlebih, instrumen investasi reksadana juga memiliki perlindungan khusus karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bank Mandiri pada 22 Juli 2022 lalu juga meluncurkan fitur Livin’ Sukha. Kehadiran fitur ini memungkinkan nasabah untuk memenuhi kebutuhan transaksi dan gaya hidup dalam satu aplikasi, seperti pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, hiburan, pembelian voucher gim, pengajuan kredit, dan lainnya. 

"Sejak awal, kenyamanan nasabah dalam bertransaksi telah menjadi prioritas utama Bank Mandiri. Kini, akselerasi digital Livin' by Mandiri telah berhasil menghimpun seluruh solusi transaksi finansial hingga gaya hidup (lifestyle) dalam satu aplikasi secara mudah, nyaman, dan aman," imbuhnya. 

Lewat beragam kemudahan transaksi yang ditawarkan, Livin’ by Mandiri juga telah diunduh lebih dari 15 juta kali sejak diluncurkan  Oktober 2021 lalu. Saat ini, jumlah transaksi digital melalui Livin’ by Mandiri sudah naik 62% yoy mencapai 1 miliar transaksi pada Januari-Agustus 2022. 

“Saat ini Livin’ by Mandiri telah mampu mengeksekusi hingga 50.000 lebih transaksi per detik. Ke depan kami proyeksi transaksinya bisa menembus 100.000 per detik,” sambungnya.

Perusahaan juga telah melanjutkan transformasi digital dengan menghadirkan 241 Smart Branch by Mandiri secara serentak di 89 kabupaten atau kota dan 29 provinsi di Indonesia pada akhir Juli 2022. 

Melalui fitur-fitur yang terintegrasi dengan kanal digital Livin’ dan Kopra, nasabah dapat merasakan pengalaman perbankan yang lengkap dan digital secara langsung. Smart Branch by Mandiri juga dilengkapi dengan self-service machine dan layanan bantuan dari General Banker (GB) yang siaga melayani. 

Smart Branch by Mandiri hadi dalam tiga tipe cabang yaitu Digital Box, Hybrid Branch, dan Upgrade Branch. Ketiga tipe ini diharapkan dapat mengakomodir seluruh karakter nasabah maupun masyarakat yang masih membutuhkan layanan perbankan di cabang maupun edukasi finansial. 

Untuk semakin memperluas transformasi, Bank Mandiri juga terus memperluas jaringan ekosistem digital Kopra by Mandiri. Dilengkapi dengan fitur digital single access platform, Kopra by Mandiri mampu mempermudah aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi ekosistem pelaku usaha di segmen wholesale, secara end-to-end beserta value chainnya dari hulu ke hilir. 

Melalui Kopra by Mandiri, nasabah wholesale juga dapat mengakses digital portal eksisting seperti Mandiri Cash Management (MCM) 2.0, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account serta Online Custody. 

Selain itu, Kopra by Mandiri juga terbagi menjadi tiga varian layanan yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host dan Kopra Partnership. Akselerasi digital yang konsisten tersebut juga berhasil meningkatkan rasio dana murah (CASA) Bank Mandiri menjadi sebesar 75,29% di delapan bulan pertama tahun ini. 

“Kehadiran layanan digital ini secara spesifik didesain untuk melengkapi seluruh kebutuhan nasabah dari hulu ke hilir. Mulai dari nasabah ritel atau perorangan hingga wholesale,” jelasnya.

Penulis/Editor: Ferrika Lukmana Sari

Bagikan Artikel: