Menu
Perbankan
Finansial
Bursa
Asuransi
Multifinance
Dana Pensiun
Perencanaan Keuangan
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ditopang KUR, Kredit UMKM Bank Mandiri Capai Rp 110,7 Triliun

Ditopang KUR, Kredit UMKM Bank Mandiri Capai Rp 110,7 Triliun Kredit Foto: Bank Mandiri
WE Finance, Jakarta -

Penyaluran kredit perbankan di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menangah (UMKM) terus meningkat. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) misalnya, berhasil menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp 110,7 triliun pada Juni 2022. 

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, penyaluran kredit UMKM Mandiri meningkat 12,6% yoy. Nilai itu berkontribusi 12,4i total kredit Bank Mandiri (bank only). 

"Pertumbuhan ini didorong oleh penyaluran KUR sebesar Rp 20,64 triliun kepada lebih dari 192 ribu debitur yang berada dari berbagai sektor," kata Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR pada Rabu (27/9). 

Jika dirinci kredit di sektor perdagangan besar dan eceran mencapai Rp 8,35 triliun, pertanian Rp 6,08 triliun, jasa produksi Rp 4,10 triliun. Sementara industri pengolahan dan lainnya mencapai Rp 2,11 triliun. 

Sementara Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudential (RPIM) mencapai 22,03%. Darmawan menyebut rasio itu memperhitungkan pembiayaan langsung dan rantai pasok.

"Kemudian pembiayaan melalui lembaga keuangan atau badan pelayanan, pembiayaan melalui surat berharga dan biaya lain sesuai dengan peta jalan RPIM nasional," jelasnya. 

Dengan kondisi yang menantang saat ini, perusahaan tidak menargetkan pertumbuhan secara agresif pada tahun ini. Untuk itu, Bank Mandiri hanya menyalurkan kredit pada sektor - sektor terpilih. 

"Kemudian rantai pasok pada sektor ini, mungkin segmen di bawahnya termasuk SME, konsumer termasuk individu terus kami tingkatkan," tutupnya. 

Baca Juga: Manjakan Nasabah Ritel dan Korporasi, Transaksi Digital Bank Mandiri Naik Signifikan

Penulis/Editor: Ferrika Lukmana Sari

Advertisement

Bagikan Artikel: