Menu
Perbankan
Finansial
Bursa
Asuransi
Multifinance
Dana Pensiun
Perencanaan Keuangan
Video
Indeks
About Us
Social Media

BSI Salurkan Pembiayaan Rp 18,4 triliun Untuk Industri Makanan dan Minuman Halal

BSI Salurkan Pembiayaan Rp 18,4 triliun Untuk Industri Makanan dan Minuman Halal Kredit Foto: WE
WE Finance, Jakarta -

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 18,4 triliun untuk industri makan dan minuman (mamin) halal. SVP SME Banking BSI Dedy Suryadi mengatakan, nilai tersebut semakin mempertegas posisi BSI dalam mendukung industri mamin halal di Indonesia.

"Tren mamin di BSI dari sebelum Covid-19 hingga saat ini cukup meningkat. Mamin halal pada masa pandemi Covid-19 tidak terlalu goncang. Penyaluran pembiayaan terhadap BSI mengalami peningkatan dari 2019-2022," kata Dedy Suryadi dalam Webinar Nasional Membangun Makanan dan Minuman Halal Dalam Negeri Serta Dukungan Perbankan Syariah, Senin (26/9).

Dalam mendukung industri mamin halal di Indonesia, perseroan akan mengembangkan UMKM centre untuk melakukan pembinaan terhadap produk halal. Menurut Dedy, saat ini BSI sudah melakukan ribuan binaan di beberapa wilayah Indonesia. Sementara yang paling besar berada di Aceh, Surabaya, dan Yogyakarta.

Menurut data internal, di wilayah Aceh hampir 40rgerak di bidang makanan dan minuman. Sementara di Yogyakarta sebesar 34%, dan di Surabaya lebih dari 50rgerak di mamin halal. 

"Literasi mereka terhadap produk halal masih kurang. Oleh karena itu kita memberikan pelatihan dan pemahaman kepada para UMKM kita untuk literasi terkait masalah kehalalan," kata Dedy.

Sementara untuk talenta wirausaha, BSI sudah menjaring kurang lebih 5.462 peserta dari targetnya sebesar 5.000 peserta. Talenta wirausaha tersebut terbagi menjadi tiga bagian yaitu pemula, wirausaha rintisan, dan wirausaha berdaya. 

Uniknya dari 5.462 ini, hampir 60rgerak di bidang makanan dan minuman halal. Dan mayoritas mereka belum memiliki literasi terhadap produk halal.

"Ini menjadi pekerjaan rumah kita untuk membina UMKM ini termasuk talenta wirausaha untuk kita berikan literasi terhadap produk halal," ujarnya.

BSI berharap dengan upaya yang dilakukan secara terus menerus dapat memberikan akses pembiayaan kepada UMKM khusunya mamin, dan bisa melakukan pembinaan terutama untuk literasi halal. 

"Sehingga kami bisa membawa ekosistem industri halal menuju kearah yang lebih baik lagi," tandasnya. 

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Advertisement

Bagikan Artikel: