Menu
Perbankan
Finansial
Bursa
Asuransi
Multifinance
Dana Pensiun
Perencanaan Keuangan
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gandeng BPR Jatim, Amartha Salurkan Modal Usaha Rp 250 Miliar

Gandeng BPR Jatim, Amartha Salurkan Modal Usaha Rp 250 Miliar Kredit Foto: Amartha
WE Finance, Jakarta -

PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) berkolaborasi dengan BPR Jatim untuk menyalurkan modal usaha bagi perempuan pengusaha mikro dengan nilai sebesar Rp 250 miliar.

Adapun kolaborasi antara Amartha dan BRP Jatim bertujuan untuk memperluas akses permodalan bagi UMKM di wilayah Jawa Timur dan sebagian di Jawa Tengah.

Chief Operating Officer Amartha Budhi Siswoadji mengatakan, penyaluran pendanaan ini akan menargetkan perempuan pengusaha mikro yang bergerak di sektor perdagangan, jasa, dan industri rumah tangga dengan skema kredit channeling.

"Khusus di wilayah pulau Jawa, melalui kolaborasi dengan BPR Jatim, Amartha akan menyalurkan permodalan dengan besaran yang berkisar mulai dari Rp3 juta - Rp 5 juta," kata Budhi dalam keterangan resmi dikutip pada Jumat (23/9).

Dengan nilai tersebut, kata Budhi, Amartha akan membidik segmen UMKM akar rumput. Menurutnya, segmen ini memiliki potensi besar untuk berkembang namun terkendala akses layanan keuangan. Perusahaan pun sangat terbuka untuk menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM.

Hingga saat ini, Amartha telah menyalurkan lebih dari Rp 8 triliun permodalan kepada lebih dari 1,2 juta pengusaha ultra mikro yang tersebar di 35.000 desa.

Sementara itu, Direktur Utama BPR Jatim Yudhi Wahyu Maharani optimistis dengan teknologi yang dikembangkan Amartha dapat memudahkan penyaluran modal bagi pelaku UMKM.

Menurutnya, segmen akar rumput berpotensi besar untuk tumbuh, namun tidak semua perusahaan mampu mengembangkan teknologi yang mumpuni untuk menggarap segmen ini. Terlebih, saat kondisi ekonomi sedang menunjukkan pelemahan, bantuan modal usaha serta dukungan teknologi adalah kunci bagi UMKM untuk dapat bertahan dan terus berinovasi.

"Lewat kerja sama ini, BPR Jatim berharap dapat memperbesar portofolio kredit produktif sekaligus mendukung UMKM Jawa Timur untuk lebih maju," ujarnya.

Baca Juga: Bank DBS Indonesia Gaet E-commerce dan Fintech Untuk Tingkatkan Ekonomi Digital

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait