Menu
Perbankan
Finansial
Bursa
Asuransi
Multifinance
Dana Pensiun
Perencanaan Keuangan
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengadaian Kanwil VIII Jakarta 1 Salurkan KUR Syariah Senilai Rp 12 Miliar

Pengadaian Kanwil VIII Jakarta 1 Salurkan KUR Syariah Senilai Rp 12 Miliar Kredit Foto: Pegadaian
WE Finance, Jakarta -

PT Pegadaian ( Persero) Kantor Wilayah VIII Jakarta 1 mengumumkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah sudah mencapai hampir Rp 12 miliar per September 2022. 

Penyaluran tersebut terbagi menjadi area yaitu Senen Rp 2,8 miliar, Bogor Rp 4,5 miliar, Keramat Jati Rp 2,3 miliar, Jatiwaringin Rp 1,4 miliar, dan Bekasi Rp 1,2 Miliar.

Pemimpin Pegadaian Kanwil VIII Jakarta 1 Alim Sutiono mengatakan, pencapaian tersebut tidak lepas dari peran banyak pihak yang terus membantu usaha rakyat dalam penyedianan KUR syariah dan pembinaan para UMKM. 

"Kami juga mengembangkan UMKM di masing-masing area melalui Senyum Ultra Mikro yang dijalankan sangat tepat sasaran untuk mencapai keinginan masyarakat. Saat ini, jumlah nasabah yang tersalur dari pegadaian lebih dari 5.000 nasabah," ujarnya saat Media Gathering, Kamis (22/9).

Alim menilai pasar UMKM saat ini terus berkembang, sehingga sangat penting untuk terus dikembangkan. Ke depan, pihaknya akan fokus untuk bagaimana pelaku usaha naik kelas bersama Pegadaian.

Misalnya, fokus dalam melakukan pendampingan UMKM mulai dari bagaimana pelaku UMKM memulai usaha, hingga akhirnya dapat melakukan peminjaman ke PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. 

Menurutnya, dengan adanya holding di perusahaan Pegadaian maka pendampingan yang dilakukan akan lebih baik lagi. Sehingga pelaku UMKM tersebut bisa naik kelas.

Seiring dengan itu, kinerja keuangan Pegadaian Kanwil VIIl Jakarta 1 juga terus tumbuh dan menjadi tertinggi di tingkat nasional. Salah satu produk andalan yaitu Kredit Cepat Aman (KCA) yang berhasil tumbuh 19%. Dari situ, produk emas mencatatkan pertumbuhan paling tinggi di seluruh Indonesia.  

Asal tau aja, Pegadaian saat ini telah mendaftarkan lebih dari 8.200 UMKM yang merupakan vendor dan mitra binaan Pegadaian ke dalam Pasar Digital (PaDip). Ini merupakan platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN. Hal ini bertujuan untuk optimalisasi, akselerasi dan efisiensi transaksi belanja BUMN ke UMKM. 

Baca Juga: Mau Gadai Elektronik di Pegadaian? Simak Syarat dan Prosedurnya

Penulis: Achmad Ghifari Firdaus
Editor: Ferrika Lukmana Sari

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: